Wajib Nonton! 11 Film India Terbaik 2022 yang Sayang Untuk Dilewatkan

Raksha Bandhan
Raksha Bandhan (Foto : IMDb)

Antv – Jika membicarakan soal industri perfilman dunia, maka Bollywood tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada banyak sekali film India terbaik yang memiliki kualitas luar biasa dan diakui di kancah perfilman internasional.

Film India atau Bollywood menjadi tontonan yang digemari oleh masyarakat Indonesia, selain Hollywood dan Korea. Sebab film India memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. 

Saat ini, film Bollywood mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jika dahulu film India dikonotasikan dengan tarian dan nyanyian, kini India menawarkan jalan cerita yang sangat unik dengan visual yang luar biasa hingga membuat penonton terpana.

Berikut ini deretan film India yang menawarkan jalan cerita menarik dan masuk dalam kategori film terbaik pada tahun 2022 dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gangubai Kathiawadi 

img_title
Gangubai Kathiawadi. (Foto : IMDb)

Film India terbaik pertama yang sayang untuk dilewatkan pada tahun 2022 ini adalah Gangubai Kathiawadi. Film arahan sutradara Sanjay Leela Bhansali ini menjadi film non Inggris yang berhasil bertengger di posisi pertama Netflix.

Film ini berkisah tentang kehidupan Gangubai Kathiawadi, seorang aktivis perempuan yang membela hak hidup para wanita di dunia prostitusi India dan anak-anak yang lahir di lingkungan tersebut.

Film ini menunjukkan perjuangan Gangubai untuk memberikan hak dan martabat bagi para wanita yang dianggap kotor dan sampah di kalangan masyarakat India.

2. Darlings 

img_title
Darlings. (Foto : IMDb)

Darlings merupakan salah satu film India terbaik yang mengobati rasa rindu penggemar pada Alia Bhatt. Dalam film ini, Alia akan beradu akting dengan aktris senior Shefali Shah dan Vijar Varma.

Film yang bergenre black comedy ini mengangkat tema kehidupan kelas menengah ke bawah yang masih konservatif di Mumbai, India.

Darlings mengisahkan tentang Badru (Alia Bhatt) yang menikah dengan seorang pria Mumbai, demi bisa bertahan hidup bersama ibunya. Akan tetapi, kenyataan ternyata berbanding terbalik dari yang diharapkan. Niat jahat, keragu-raguan, dan rahasia gelap terus mengganggu kehidupan Badru dan ibunya.

3. Bhool Bhulaiyaa 2

img_title
Bhool Bhulaiyaa 2. (Foto : IMDb)

Film India terbaik selanjutnya adalah Bhool Bhulaiyaa 2. Meski sempat menuai protes dari para fans karena pergantian pemeran utama, namun film ini berhasil meraih sukses secara komersial.

Film bergenre horor-komedi ini mengisahkan hantu Manjulika. Cerita berawal saat Rohan jatuh cinta pada Reet. Ia terpaksa berbohong soal dirinya yang merupakan seorang dukun. Mereka akhirnya membuat skenario bahwa Reet meninggal dalam kecelakaan dan arwahnya mengikuti Rohan.

4. Brahmastra 

img_title
Brahmastra. (Foto : IMDb)

Brahmastra merupakan salah satu film India terbaik garapan Dharma Production. Film ini dibintangi oleh para aktris dan aktor Bollywood ternama, seperti Alia Bhatt, Amitabh Bachchan, Ranbir Kapoor, Mouni Roy, dan masih banyak lagi.

Bramastra mengisahkan tentang kehidupan seorang pahlawan super India yang ditulis sendiri oleh sang sutradara Ayan Mukerji. Secara garis besar, film ini berkisah tentang Shiva, seorang pria muda di ambang jatuh cinta. 

Ia mengetahui bahwa dirinya ternyata memiliki kemampuan untuk mengendalikan api dan koneksi ke perkumpulan penjaga rahasia, dunianya pun berubah total. Namun, ia merasakan keanehan. Ia melihat banyak hal misterius dan membuatnya tak bisa mendekati gadis pujaannya.

5. Jug Jugg Jeeyo 

img_title
Jug Jugg Jeeyo. (Foto : IMDb)

Jug Jugg Jeeyo merupaka film terbaik India yang bertabur bintang papan atas Bollywood. Aktor dan aktris muda hingga para senior berkolaborasi dalam film ini, seperti Varun Dhawan, Kiara Advani hingga Anil Kapoor. 

Film yang diproduksi oleh Dharma Productions ini disutradarai oleh Raj Mehta ini bergenre komedi keluarga yang mengisahkan tentang seorang ayah dan putranya yang memiliki rencana untuk bercerai dari istri mereka. 

Tapi dalam prosesnya, kedua pasangan ini malah mulai bisa memahami isi hati dan pemikiran satu sama lain. Akankah rencana perceraian mereka terus berlanjut?

6. The Kashmir Files

img_title
The Kashmir Files. (Foto : IMDb)

Film India terbaik selanjutnya adalah The Kashmir Files. Film bergenre thriller dan misteri ini menunjukkan aksi genosida kejam yang terjadi di Kashmir pada tahun 1990 silam. 

Film arahan sutradara Vivek Agnihotri ini menceritakan tentang kondisi para pengungsi pandit Kashmir ketika mengalami rangkaian kejadian mengerikan yang meninggalkan trauma mendalam bagi mereka.

The Kashmir Files merupakan salah satu proyek film yang sangat penting untuk sang sutradara. Oleh sebab itu, ia bekerja keras mengumpulkan berbagai penelitian mengenai aksi genosida pandit Kashmir. 

Film yang diharapkan bisa menjadi semi dokumenter investigasi jujur atas tragedi kemanusiaan ini menuai kontroversi. Pasalnya, aktor bernama Yograj Singh didepak dari film lantaran pidatonya yang menentang umat Hindu.

7. Jhund

img_title
Jhund. (Foto : IMDb)

Jhund merupakan salah satu film India terbaik yang mengangkat tema biografi drama olahraga. Film ini mengangkat tentang kisah nyata dari Vijay Barse, seorang pensiunan guru olahraga yang mendirikan LSM Slum Soccer.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Nagraj Manjule. Film yang diproduksi di bawah rumah produksi Bhansali Productions, Pen India Limited dan Pen Marudhar Entertainment ini dibintangi oleh Amitabh Bachchan, Akash Thosar, dan Rinku Rajguru sebagai pemeran utama.

Jhund mengisahkan tentang kisah nyata kehidupan Vijay Barse. Dia berhasil merehabilitasi anak-anak jalanan dengan menjauhkan mereka dari narkoba dan kejahatan dengan mengubah mereka menjadi pemain sepakbola dan membangun seluruh tim.

8. Good Luck Jerry 

img_title
Good Luck Jerry. (Foto : IMDb)

Good Luck Jerry merupakan salah satu film India terbaik yang sekaligus menjadi comeback dari aktris cantik Janhvi Kapoor yang sangat dinantikan para penggemar. Film arahan Siddhart Sen ini mengumpulkan Janhvi dengan Jaswant Singh Dalal, Mita Vashisht, Samta Sudiksha, dan lain-lain.

Film ini menceritakan tentang Jerry, seorang gadis penurut yang harus hidup dalam lingkaran sosial yang kejam. Sepeninggal ayahnya, Jerry harus berusaha untuk menghidupi keluarganya. Keadaannya pun diperburuk ketika sang ibu menderita kanker.

Dengan keadaan yang serba tak mennetu, Jerry pun harus mencari uang lebih banyak dengan masuk dalam lingkup para penjual narkoba dan terlibat dalam berbagai perkelahian.

9. Badhaai Do

img_title
Badhaai Do. (Foto : IMDb)

Film India terbaik selanjutnya adalah Badhaai Do. Film ini ditulis oleh Suman Adhikary dan Akshat Ghildial. Meski menjadi sekuel dari film Badhaai Ho! Ayushmann Khurrana dan Sanya Malhotra tak bermain di dalamnya.

Film yang dibintangi oleh Rajkumar Rao dan Bhumi Pednekar sebagai polisi dan guru ini menceritakan tentang dua orang yang menikah di usia 30-an untuk menyembunyikan rahasia besar mereka. Keduanya dipaksa untuk mematuhi norma-norma masyarakat.

Meski terdengar berat, film ini sukses mengemasnya dengan komedi yang satir dan sederhana, namun tetap mengena. Oleh sebab itulah film ini sangat sayang untuk dilewatkan.

10. Raksha Bandhan

img_title
Raksha Bandhan. (Foto : IMDb)

Raksha Bandhan merupakan salah satu film India terbaik yang dibintangi oleh Akshay Kumar. Film arahan sutradara Aanand Rai in mempertemukan Aakshay dengan Bhumi Padnekar dan Sadia Khateeb sebagai pemeran utama.

Drama keluarga ini menyulap Aakshay Kumar menjadi sosok kakak laki-laki yang berkorban untuk adik-adiknya. Sebagai satu-satunya anak pria dalam keluarga, ia bertanggng jawab penuh atas keempat adik perempuannya.

Konflik bermula saat ia ingin menikahi gadis yang ia sayangi, namun ia telah bertekad untuk menikahkan keempat adiknya terlebih dahulu. Dari sanalah muncul berbagai halangan yang harus ia lalui demi kebahagiaan adik-adiknya.

11. Cobra

img_title
Cobra. (Foto : IMDb)

Cobra adalah salah satu film India terbaik yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar. Film besutan sutradara R. Ajay Gnanamuthu ini memiliki premis yang unik dan membuat penonton penasaran.

Film bergenre thriller ini mengisahkan tentang pembunuhan misterius yang melibatkan seorang matematikawan jenius. Hal itu mendorong Aslan Yilmaz, seorang interpol Turki bertekad untuk menyelidiki kasus kematian tersebut.

Menurut sudut pandang kriminolog, dalang di balik semua kasus pembunuhan misterius tersebut adalah Cobra. Setelah melakukan berbagai macam strategi, pihak kepolisian pun mengetahui bahwa Cobra merupakan seorang matematikawan jenius yang memiliki masalah psikologi.