6 Tempat Wisata di Sentul yang Lagi Hits dan Instagrammable

Taman Fathan Hambalang
Taman Fathan Hambalang (Foto : VIVA)

Antv – Tempat wisata di Sentul bisa menjadi rekomendasi kamu untuk berkunjung kala hari libur tiba. Tempat ini sudah masuk wilayah Bogor dan tentunya sangat banyak spot keren yang bakal mengilangkan kejenuhan dengan segala rutinitas kamu. 

Sentul sendiri menjadi salah satu kawasan yang memang dikenal dengan banyaknya pilihan tempat wisatanya. Para wisatawan tak sedikit yang mencari dan mengunjungi tempat yang satu ini, sebab kawasan Sentul memiliki akses jalan yang mudah, alamnya asri, udara sejuk, dan pemandangan alam yang begitu indah. 

Tempat ini sangat wajib dikunjungi terlebih bagi kamu yang sangat menyukai pemandangan alam. Sebab, tempat wisata di Sentul ini bisa menjadi bahan rekomendasi kamu untuk pergi berlibur kerena sudah bosan dengan hiruk pikuk ibu kota. 

Berbagai macam pilihan tempat wisata ada di kawasan Sentul ini cukup beragam, mulai dari wisata alam, edukasi, hingga kuliner pun dapat kamu temui. Lalu nama tempat apa sajakah itu? Mari simak 10 tempat wisata di Sentul seperti yang telah dihimpun dari VIVA dan berbagai sumber yang lainnya. 

1.Taman Budaya Sentul City

img_title
Taman Budaya Sentul City. (Foto : Instagram @tamanbudaya_id)

 

Taman Budaya Sentul City ini menjadi salah satu tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi dan memiliki spot outbound terbesar di Indonesia. Kawasan ini memiliki tempat sangat luas dengan rerumputan hijau terbentang hingga 6 hektare. 

Tempat ini pun menjadi salah satu lokasi wisata edukasi yang sangat cocok untuk keluarga dan gathering sekolah, kantor, kampus, dan yang lainnya. Tak hanya itu, tempat ini ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap, terdiri dari adventure center, grand center, culture center, dan facilities center. 

Selain itu, ada pula 50 wahana permainan yang terdiri dari permainan tradisional, outbound, dan menunggang kuda. Ada pula food court, gazebo, spot selfie, toilet umum, mushola, area parkir, dan tempat penginapan yang tentunya nyaman.

Tak sampai di sana, tempat ini sudah menyuguhkan 4 pemandangan gunung sangat indah, yakni Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Geulis. Tiket masuk ke tempat ini sendiri tidak bayar alias gratis, namun untuk wahananya kamu harus membayar per pax. Diantaranya whana kids army Rp3.00.000/pax, army camp Rp.700.000/pax, wisata budaya Rp230.000/pax dan cook and serve Rp300.000/pax. 

2. Eco Art Park Sentul

img_title
Eco Art Park Sentul. (Foto : VIVA)

 

Eco Art Park Sentul ini berada di dalam sebuah komplek perumahan Sentul City, merupakan taman terbuka hijau. Berdiri di tanah seluas 500 meter, tempat yang satu ini berada di pinggir aliran sungai Cikeas, sehingga udara dan pemandangannya cukup menyegarkan. 

Tempat yangs atu ini juga bisa menjadi wisata edukasi seperti yang terlihat dari namanya yang memiliki arti sebagai taman seni dan ekologi.  Hal itu terlihat dalam wujud patung yang berbentuk robot seperti di film “Transformer” dengan ukuran yang besar dan patung-patung lainnya serta spot unik yang ada di taman tersebut. 

Tak hanya itu, di tempat ini pun tedapat jembatan yang sangat artistik dengan lantai kayu dan mempunyai atap untuk berteduh para pengunjung. Tempat yang satu ini buka setiap hari dari, untiuk Selasa-Jumat buka mulai pukul 10.00 pagi hingga 21.00, sementara untuk Sabtu-Minggu mulai buka pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam.

3. Curug Bidadari

img_title
Curug Bidadari. (Foto : Instagram @curugbidadari_sentul)

 

Tempat wisata di Sentul berikutnya yang bisa jadi bahan referensi kamu untuk menemani hari liburan yakni Curug Bidadari. Tempat ini sangat indah dengan suguhkan pemandangan air terjun alami lengkap dengan perbukitan yang sangat asri. 

Tinggi Curug Bidadari ini pun terdiri daroi 40-75 meter, sehingga sangat indah dan nyaman untuk berlibur ke tempat ini dan tentu bakal memanjankan mata kamu.

Jika kmu ingin berenang di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa melakukannya dengan mendatangi sebuah kolam pemandian buatan yang telah dilengkapi dengan pasir putih dari Bangka. 

Kolam buatan ini tentunya sanget segar, sebab mengambil air dari Curug Bidadari langsung. Tak hanya itu, kolam ini pun terbilang dangkal, sehingga sangat cocok bagi anak-anak yang ingin berenang di sana.

Jam operasional dari tempat wisata ini buka setiap hari dari Senin-Minggu pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore. Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan oleh pengunjung pun sangat relative murah, jadi tidak akan menguras isi dompet terlalu banyak.

4. Kafe Sawah Segar

img_title
Kafe Sawah Segar. (Foto : VIVA)

 

Kafe Sawah Segar bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kamu kunjungi. Tempat ini termasuk pada wisata kuliner, namun dilengkapinya dengan nuansa alam yang begitu kental dan hamparan sawah yang terbantang, membuat tempat ini sangat sejuk. 

Selain pemandangan alamnya yang bisa menyejukan mata para pengunjung, tempat ini menyediakan menu makanan dengan harga yang relatif murah. Pengunjung bisa makan di gazebo berupa joglo dengan desain sangat unik di tengah hamparan sawah yang sangat indah. 

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat langsung hewan peliharaan yang ada di taman, yakni di antaranya ada kambing dan berbagai hewan yang tersedia di sana.

Sawah Segar Sentul ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00 sore. Sementara untuk hari libur sabtu minggu/ weekend, akan mulai buka dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 19.00 malam.

5. Taman Fathan Hambalang

img_title
Taman Fathan Hambalang. (Foto : VIVA)

 

Tempat wisata di Sentul berikutnya yakni Taman Fathan Hambalang, lokasi ini sangat tepat bagi kamu yang ingin berlibur santai sambil menikmati alam dengan begitu indahnya. Tak hanya itu, tempat ini juga akan memberikan kesan terbaik pada pengunjungnya.

Pasalnya, pemandangan yang ada di lokasi ini sangat indah seperti negeri di atas awan, karena pemandangannya yang diselimuti awan tipis kalau kamu beruntung datang saat kondisi cuaca cerah. 

Tapi, kalau kamu datang di malam hari tentu bukan sebuah masalah, sebab jika kamu datang pada waktu tersebut kamu tidak akan kehilangan momen keindahan dari tempat wisata yang satu ini. 

Sebab, kala malam tiba akan ada lampu kerlap kerlip yang akan menerangi para pengunjung dan sekotaran lokasi tersebut. Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam belaka, wisata ini pun memiliki fasilitas lainnya, seperti kolam renang, outbound, jogging track, hingga tempat penginapan. 

Untuk kamu yang hanya sekadar melihat-lihat pemandangan dan berjalan-jalan santai, nyatanya pengelola sudah menyediakan kursi-kursi dan gazebo. Harga tiket masuk ke lokasi ini pun sangat terjangkau. 

6. Gunung Ciung

img_title
Gunung Ciung. (Foto : Instagram @wisatagunungciung)

 

Lokasi berikutnya yang bisa kamu kunjungi yakni Gunung Ciung, tempat ini tepat berada di Kampung Curug, Desa Boong Koneng, Babakan Madang. Tempat ini terbilang masih cukup baru dibuka, selang beberapa tahun ke belakang. 

Tapi, meski demikian tempat ini bisa menjadi bahan rekomendasi kamu kala mencari tempat untuk berlibur nanti, terlebih yang suka alam.

Tempat wisata di Sentul ini sangat indah dan suguhkan pemandangan yang sangat eksotis juga tentunya memiliki udara sangat sejuk. 

Dari gunung tepat kemu berada nanti, kamu bisa melihat panorama Gunung Salak dan Kota Bogor langsung. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmat sunset kala sore hari yang luar biasa menakjubkan cantiknya.  

Berbagai aktivitas seperti hiking, camping, dan agrowisata bisa dilakukan oleh para wisatawan yang erkunjung ke Gunung Ciung ini. Kamu juga bisa camping di sana dengan biaya sangat terjangkau dan tentunya tidak merogoh kocek terlalu dalam. 

Namun tempat ini memiliki peraturan, bahwa sangat tidak diperkenankan untuk  pasangan yang belum muhrim atau belum menikah berada di dalam satu tenda.  

Fasilitas yang terdapat di Gunung Ciung ini pun dirasa sudah sangat cukup lengkap, yakni terdiri dari toilet umum, gazebo, warung, mushola, dispenser air minumm dan area parkir. 

Itulah 6 tempat wisata di Sentul yang sangat indah dan rasanya sangat wajib untuk kamu kunjungi kala hari libur nanti tiba.