The Temons Berkesenian, Sebuah Totalitas Kreasi & Apresiasi

The Temons Berkesenian, Sebuah Totalitas Kreasi & Apresiasi
The Temons Berkesenian, Sebuah Totalitas Kreasi & Apresiasi (Foto : Penampilan Titik Hamzah dan Budi Haryono yang membius pengunjung The Temons. - The Temons)

Antv – Untuk menikmati seni, kita tak perlu mampu melakukan seni itu sendiri. Selama ada telinga yang bisa mendengar, mata yang melihat, dan mulut yang bisa berkata-kata sesungguhnya kita bisa   berseni.

"Setiap bunyi-bunyian, gerakan dan suara adalah unsur seni. Saat kita bisa melakukan semuanya kita sudah berseni," Demikian Eko Balung, seorang musikus idealis, dan dosen seni Yogyakarta berpendapat di sela-sela acara The Temons Berkesenian.

Adalah The Temons, sebuah tempat yang sangat jawa dan eksotis di desa Temon, jalan Temon Gawar, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Letaknya diantara hamparan sawah dan ladang khas tanah Jawa.

The Temons adalah tempat tinggal, namun didedikasikan juga sebagai gallery dan tempat berkesenian oleh pemiliknya yang menyukai seni musik, seni lukis dan seni tradisional Jawa.

Sang pemiliknya, Irvan, juga seorang kolektor ribuan piringan hitam lawas; ratusan barang antik, puluhan lukisan dan belasan  motor dan mobil tua. Semuanya dia kumpulkan dan ada di The Temons yang mirip sebuah padepokan bangsawan Jawa zaman dulu.   

Di atas tanah seluas 3000 meter lebih itu, ada 5 bangunan berbentuk joglo dan pendopo yang diperuntukan untuk gallery seni, pentas seni, diskusi seni, serta tempat tinggal pemilik dan tamu yang menginap.

img_title
The Temons Berkesenian, Sebuah Totalitas Kreasi & Apresiasi. (Foto : Salah satu pendopo joglo The Temons yang eksotis tempat pentas dilakukan - antvklik.com)
Malam Sabtu lalu, 23 September 2022, The Temons menggelar sebuah acara bertajuk The Temons Berkesenian. Acara bermusik itu mengundang beberapa musikus senior iconic tanah air, kawan dan sahabat pemilik.

Sebut saja misalnya Titik Hamzah-Dara Puspita, drummer kenamaan Budi Haryono, keyboardist Adi Andrian KLA Project, Eko Balung, pemain biola mumpuni, dan Kadri Muhammad, pengacara korporate yang vokalis progressive rock.