UCI MTB World Championship 2023 Digelar 12 November, dari Palangka Raya Menuju Juara Dunia

Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka
Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka (Foto : Istimewa)

Antv – UCI MTB World Championship 2023 akan dimulai pada Minggu, 12 November 2023 siang WIB. Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), sebagai tuan rumah sudah bersolek.

Ketua Harian ISSI Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, mengungkapkan persiapan UCI MTB World Championship 2023 sudah mencapai 100 persen. Ia menjamin ajang Piala Dunia Sepeda MTB ini akan lebih meriah ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

"Yang pertama ini sesuatu yang sebenarnya sudah pernah kita lakukan pada 2022, yaitu saat UCI MTB World Cup, dan kita berhasil sukses melaksanakan itu sehingga kita diberi kepercayaan lagi untuk menggelar World Championship. Untuk persiapan sebenarnya kita sudah ada pengalaman di tahun sebelumnya sehingga ini hanya tinggal pemantapan, dan kemudian untuk venuenya besok sudah bisa dipakai untuk latihan resmi," kata Rahmat di venue pertandingan, area depan Stadion Tuah Pahoe, pada Jumat, 10 November 2023 kemarin.

"Untuk tahun lalu kan kita itu seri, masuk seri kedelapan kan, jadi tidak ada juara dunia yang lahir dari sini karena menunggu seri-seri berikutnya. Tapi untuk World Championship ini, hari Minggu nanti akan lahir juara dunia langsung, jadi ini sesuatu yang sangat spesial buat kita dan menurut informasi, kita jadi negara Asia pertama yang mengadakan World Championship," tambahnya.

UCI MTB World Championship 2023 diikuti 80 peserta yang mendaftar dari 50 negara.

"Kalau atlet nasional kita sudah seperti biasa, mereka datang sudah dua hari yang lalu, mereka sudah ada di sini dan kita juga menginginkan ada atlet lokal selain nasional, karena atlet lokal kita alhamdulillah kemarin lolos PON dan itu jadi kebanggaan kita, mudah2an bisa diikutsertakan sebagai peserta kehormatan, minimal mereka ada pengalaman kejuaraan dunia."

Selain itu, juga ada hiburan dan pameran UMKM yang bakal memeriahkan UCI MTB World Championship 2023.