Timnas Kanada U-17 Dianggap kuda Hitam, Pemain Muda Bertalenta Cari Pengalaman di Indonesia

Timnas Kanada U-17
Timnas Kanada U-17 (Foto : Istimewa)

Antv – Kanada berharap mendapatkan pengalaman sambil membidik lolos dari fase grup di Piala Dunia U-17 2023. Berlaga di Grup B yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Kanada dianggap menjadi salah satu kuda hitam di ajang ini.

Kanada bukan tim kemarin sore di Piala Dunia U-17. Hanya prestasi mereka memang masih mentok di penyisihan grup. Dari tujuh kali berlaga di Piala Dunia U-17, mereka selalu kandas di babak awal dan tak pernah bisa melewati babak knockout.

Pada edisi terakhir di Piala Dunia U-17 2019, Kanada juga bertahan sampai penyisihan saja dengan menduduki dasar klasemen di bawah Brasil, Angola dan Selandia Baru.

Kanada kembali lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 untuk ke delapan kali setelah mencapai semifinal Kejuaraan Concacaf U-17 2023. Dari zona itu, empat tim semifinalis yang mendapat tiket ke Indonesia. Di semifinal, Kanada kalah 2-0 saat melawan Amerika Serikat yang kemudian menjadi runners-up.

Bagaimana dengan peluang Kanada di Indonesia? Pelatih timnas U-17 Andrew Olivieri menaruh harapan tim Kanada bisa lolos dari penyisihan grup untuk kali pertama. Namun yang terutama pemain muda bertalenta Kanada bisa mendapatkan pengalaman berharga di Solo.

"Piala Dunia adalah puncak dari event sepak bola. Pemain muda bertalenta kami sangat butuh pengalaman untuk naik level dalam perjalanan menuju yang tertinggi di tingkat global," kata Olivieri.

"Kami berharap tim bisa makin disiplin bermain secara kolektif dan bisa tampil lebih berani di Indonesia. Ini yang  dibutuhkan bila ingin lolos dari penyisihan grup untuk kali pertama di Piala Dunia U-17," ujarnya.