Ribuan Warga Jakarta Turut Meriahkan Jakarta Marathon 2023, Memberi Semangat Kepada Para Pelari

Ribuan Warga Jakarta Turut Meriahkan Jakarta Marathon 2023, Memberi Semangat Kepada Para Pelari
Ribuan Warga Jakarta Turut Meriahkan Jakarta Marathon 2023, Memberi Semangat Kepada Para Pelari (Foto : Istimewa)

Antv – hibank Jakarta Marathon 2023, powered by Le Minerale (Jakarta Marathon 2023) yang diselenggarakan oleh Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) sebagai penyelenggara baru, berhasil mendulang sukses. 

Hampir 10.000 pelari, termasuk lebih dari 200 peserta Marathon, yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km), 10 km, dan 5 km hari ini menderap jalan-jalan utama di Jakarta.  
 
Sehari sebelumnya, Sabtu, 21 Oktober 2023, lomba Maratoonz untuk anak-anak, kategori 100m, 200m dan 400m juga sukses terselenggara, diikuti oleh lebih dari 300 peserta anak-anak.  
 
Selain karena tiga komitmen utama dari penyelenggara, yaitu Peningkatan Standarisasi Lomba, Keselamatan Pelari, dan Tanggung Jawab Lingkungan, salah satu kunci kesuksesan acara adalah berkat status sanctioned by PASI (didukung oleh PASI) untuk Jakarta Marathon 2023 ini sehingga standarisasi penyelenggaraan lomba sesuai dengan aturan lomba yang ditetapkan oleh PASI yang mengacu kepada aturan marathon internasional.
 
Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), mengatakan, “PB PASI mengapresiasi penyelenggara dalam melakukan usaha untuk pemenuhan persyaratan teknis kelombaan dalam pelaksanaan lomba. Menjaga kualitas lomba lari jalanan adalah tanggung jawab bersama. Diperlukan kerja keras untuk membangun kesan dan citra yang positif lomba lari di Indonesia. Kita semua perlu menjaga agar lomba lari jalanan di Indonesia memiliki kualitas baik dan memenuhi syarat teknis kelombaan.”  
 
“Penyelenggaraan lomba yang baik dapat menjaga kepercayaan para pelari baik dari dalam dan luar negeri. Di sisi lain, penyelenggaraan yang tidak rapih dapat menimbulkan kesan negatif. Penyelenggaraan yang buruk tidak hanya berpengaruh pada lomba yang bersangkutan, akan tetapi juga berpotensi menimbulkan kesan negatif pada penyelenggaraan event lain di Indonesia,” tambahnya.
 
Penyelenggara pun memahami bahwa kesuksesan penyelenggaraan bukan semata-mata pencapaian penyelenggara, melainkan hasil dari dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu penyelenggara sangat apresiasi gelombang dukungan ini.

Mulai dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang memberikan dukungan penuh, pemerintah kota Jakarta, Kepolisian yang memastikan keselamatan dan kelancaran acara, hingga komunitas lari yang semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Tak ketinggalan, dukungan dari para sponsor, media, dan tentunya masyarakat luas, telah menjadikan Jakarta Marathon bukan hanya sebagai ajang olahraga, tetapi juga perayaan kebanggaan nasional.
 
Adystra Bimo Herayanto, Communications Director, Jakarta Marathon 2023, mengatakan,”Salah satu momen yang paling menggugah selama acara berlangsung adalah ketika ribuan masyarakat Jakarta turun ke jalan. Bukan hanya sebagai penonton, mereka datang dengan penuh semangat, memberikan dukungan moral melalui sorak sorai dan hiburan yang menambah kemeriahan. Kebersamaan ini menjadi saksi bahwa olahraga, dalam hal ini lari, bukan hanya soal fisik, tetapi juga soal hati dan semangat kebersamaan.”
 
Direktur Utama PT Bank Hibank Indonesia, Jenny Wiriyanto, menjelaskan dukungan hibank dalam penyelenggaraan hibank Jakarta Marathon tahun ini.

“Merupakan kebanggaan bagi kami untuk dapat berpartisipasi mendukung hibank Jakarta Marathon 2023. Kolaborasi ini terwujud karena kesamaan visi dan misi penyelenggaraan acara ini dengan hibank sebagai bank digital bagi UMKM Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat sejajar dengan kegiatan marathon negara-negara lain, dan menjadi destinasi para pelari baik lokal maupun mancanegara. Tentunya hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jakarta. Kami ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Jakarta sebenarnya merupakan epicentrum pertumbuhan UMKM di Indonesia, yang kami lihat dapat sejalan dengan fokus bisnis kami. Kegiatan ini juga merupakan wujud sinergi antara komunitas pelari dan UMKM sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Selain itu, kami turut mengapresiasi kesamaan visi kami dalam keberlanjutan lingkungan, dimana kegiatan ini menjadi marathon carbonneutral pertama di Indonesia. Oleh karena, hibank mengajak seluruh komunitas pelari dan masyarakat untuk turut menyukseskan hibank Jakarta Marathon 2023,” jelas Jenny
 
Febri Satria Hutama, Marketing Director, Le Minerale, mengatakan, “Lari atau marathon merupakan olahraga yang sangat digemari masyarakat Indonesia, dan penyukanya semakin meningkat akhir- akhir ini. Tentunya sebagai brand yang mengedepankan gaya hidup sehat, kami memberikan dukungan penuh kepada pelaksanaan Jakarta Marathon 2023. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Le Minerale sebagai hydration partner dalam Jakarta Marathon 2023. Terpilihnya Le Minerale menjadi hydration partner pada ajang marathon dengan standar internasional ini menjadi bukti nyata dari komitmen Le Minerale, yaitu menghadirkan air mineral dengan kualitas mineral esensial terbaik yang penting untuk mendukung gaya hidup sehat masyarakat, termasuk para runners. Kami berharap, hadirnya Le Minerale dengan rasa segarnya yang berbeda dapat menghadirkan sensasi yang berbeda, bukan hanya dapat mencukupi kebutuhan cairan para peserta, namun juga mengembalikan mineral yang hilang, sehingga semua runners dapat merasakan kesegaran hingga mencapai garis finish.”
 
Kesuksesan Jakarta Marathon 2023 membuka jalan bagi persiapan Jakarta Marathon 2024 yang akan segera dimulai!