Lolos Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Atlet Gymnastic Rifda Irfanalutfi Buktikan Janji

Atlet Gymnastic, Rifda Irfanalutfi
Atlet Gymnastic, Rifda Irfanalutfi (Foto : Dok. PB Persani)

AntvNOC Indonesia mengapresiasi keberhasilan atlet gymnastic, Rifda Irfanalutfi yang sukses mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024. Hasil ini sekaligus menjadi pembuktian janji Rifda untuk menjadi pesenam Merah Putih pertama yang tampil di Olimpiade.

Komitmen tersebut pernah diutarakan langsung oleh dara 23 tahun ini kepada Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati. Rifda menepati janjinya usai tampil di Kejuaraan Dunia Artistik 2023 di Antwerp, Belgia.

“Selamat untuk Rifda dan PB Persani, yang dipimpin oleh Kak Ita Yuliati. Tahun lalu, Rifda yang didampingi Ka Ita sempat datang ke Kantor NOC Indonesia. Rifda mengatakan kepada saya ingin menjadi pesenam Indonesia pertama yang lolos Olimpiade. Dan, ia membuktikannya." kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

"Ini adalah kabar bahagia di tengah perjuangan atlet-atlet Tim Indonesia lainnya yang tengah tampil di Asian Games Hangzhou,” lanjutnya.

Rifda yang turun di nomor all around putri menempati ranking 52 dengan perolehan nilai 49,932. Ia terpaut 8,933 poin dari pesenam Amerika Serikat Simone Billes yang berhak atas medali emas.

img_title
Atlet Gymnastic, Rifda Irfanalutfi. (Foto: Dok. PB Persani)

Dikutip di laman Olympic, Rifda mendapat tiket tampil di Paris lewat realokasi kuota tuan rumah. Sebagai informasi, Prancis sudah meloloskan atletnya melalui jalur kualifikasi tim putri sehingga jatah tiket tampil yang dimiliki tuan rumah diberikan kepada atlet yang rankingnya mendekati cut off kualifikasi Olimpiade.