Usai Cetak Sejarah Juara Dunia Junior, Felix Viktor Iberle, Tatap Asian Games dan Olimpiade

Felix Viktor Iberle
Felix Viktor Iberle (Foto : World Aquatics)

Antv –  Perenang muda Indonesia, Felix Viktor Iberle (18 tahun) menatap masa depan di dunia akuatik khususnya cabang olahraga renang. Felix baru saja mencetak sejarah menjadi perenang pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas nomor 50 meter gaya dada putra di ajang Kejuaraan Dunia renang junior bertajuk World Aquatics Junior Swimming Championship 2023.

Pada babak final, Felix finish pertama dan berhak meraih medali emas dengan catatan waktu 27.39 detik. Fantastisnya Felix berhasil mencetak rekor dunia atau World Junior Record Championship di babak penyisihan dengan catatan 26.98 detik.

Ini sekaligus mempertajam rekornas miliknya. Catatan ini hanya terpaut 0.01 detik dari rekor dunia junior milik Nicolo Martinenghi (Italia) 26.97 detik.

Felix, pria kelahiran 4 Februari 2005, juga berhasil menyumbang medali emas di nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan 27.56 detik pada ajang SEA Games 2023 Kamboja, 11 Mei 2023.

Seusai bertanding di World Aquatics Junior Swimming Championship 2023, Felix diharapkan bisa mengakhiri puasa medali Akuatik Indonesia khsususnya cabang renang yang sudah tiga dekade tanpa medali di ajang Asian Games 2023 Hangzhou.

"Ada Asian Games dan juga Olimpiade 2024, saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik," ucap Felix melalui zoom.

Upaya Felix di Asian Games terbilang berat, pasalnya para juara dunia nomor 50 meter gaya dada berasal dari Cina. Dua jagoan Cina Haiyang Qin dan Jiajun Sin baru saja naik podium nomor 50 meter gaya dada pada Kejuaraan Dunia 2023 Fukuoka Jepang.