Sukseskan Piala Dunia U-17, Pemerintah Resmi Gelontorkan Dana Senilai Rp399,5 Miliar

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Pendanaan Piala Dunia U-17
Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Pendanaan Piala Dunia U-17 (Foto : Dok. PSSI)

AntvPemerintah resmi mengucurkan dana sebesar Rp399.5 miliar untuk persiapan Piala Dunia U-17 Indonesia yang akan berlangsung pada 10 November hingga 02 Desember 2023 mendatang.

Menandai penyerahan dana tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di kantor Kemenpora, pada Selasa, 12 September 2023.

"Sudah berlangsung tanda tangan kerjasama Kemenpora dengan PSSI. Ini menandakan kehadiran pemerintah dan negara untuk mendukung event Piala Dunia U-17 dan persiapan Timnas U-17 untuk pelatnas," ucap Menpora Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora.

"Hari ini ada kerjasama bantuan Rp399 miliar ditambah Rp500 juta dari pemerintah. Tadi sudah kami sampaikan ke Pak Erick ini angka yang besar. Kami pastikan transparansi dan akuntabilitas," ucapnya menambahkan.

Momentum Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang penyaluran bantuan pemerintah untuk pelatnas sepak bola U-17 dan penyelenggaraan Piala Dunia U-17, menurut Erick bukti kehadiran pemerintah untuk berkolaborasi membangun prestasi sepak bola nasional.

"Pertama saya harus apresiasi karena pemerintah, baik itu Presiden, Wakil Presiden dan Menpora kita, hadir untuk dua hal. Membawa Indonesia makin eksis di panggung event olahraga internasional dan mendukung sepak bola kita, para talenta masa depan agar punya tradisi prestasi dunia," ujar Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, Ia menyebut bahwa dengan jumlah dana yang besar itu, pihaknya optimistis siap mempertanggungjawabkan penggunaan secara transparan dan juga mencetak prestasi.