Kekompakan Timnas Basket Putri Diuji Saat Jajal Thailand di Semifinal FIBA Women’s Asia Cup 2023

Timnas Basket Putri
Timnas Basket Putri (Foto : Dok. FIBA)

AntvTimnas Basket Putri akan bertemu Thailand di babak semifinal FIBA Women’s Asian Cup 2023. Pertandingan ini berlangsung di Nimibutr Stadium Thailand, pada Jumat, 18 Agustus 2023 pukul 17.30 WIB.

Thailand berhak menantang Indonesia di semifinal setelah dalam babak kualifikasi semifinal kemarin, mengalahkan Malaysia 67-58. Sementara Indonesia langsung ke semifinal usai juarai Grup A.

img_title
Timnas Basket Putri. (Foto: Dok. FIBA)

Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja mengatakan, pertandingan melawan Thailand bukan kali pertama. Ini adalah duel kesekian kali setelah sebelumnya kedua tim bertemu di SEA Games dan ajang lainnya seperti SEA Women Basketball League (SWBL).

Di SEA Games Kamboja kemarin, Timnas Putri mengalahkan mereka dengan skor tipis 70-69.   Kemudian di SWBL, Henny Sutjiono dkk sempat kalah 46-60 dari Thailand yang memakai nama Sniper di partai perdana.

Namun saat ketemu di final, Timnas Putri kalahkan mereka 51-49 pada pertemuan pertama, lalu kalah 63-59 di laga kedua, dan pertemuan ketiga sebagai laga penentuan juara, Indonesia unggul 65-56. Timnas Putri yang memakai nama Tim Elite pun keluar sebagai juara pada 31 Oktober 2022.

“Kami sudah mengenal tim ini dan tidak banyak yang berubah dari mereka selain adanya 1 Pemain muda keturunan USA-Thai,” jelas Christopher.