Tidak dengan Skuad Terbaik, Shin Tae-yong Tetap Pastikan Skuad Garuda Tampil Maksimal

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberikan peringatan keras kepada skuad garuda yang akan berlaga di Piala AFF U-23 yang akan berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus 2023.

Timnas Indonesia U-23 sudah bertolak ke Thailand pada Senin, 14 Agustus 2023. Skuad Garuda Nusantara tidak akan tampil dengan kekuatan penuh usai Rizky Ridho, Witan Sulaeman, hingga Fajar Fathur Rahman tidak ikut dalam skuad.

Meskipun tanpa kekuatan terbaik, Shin Tae-yong tetap mengingatkan anak asuhnya untuk bekerja keras demi meraih hasil semaksimal mungkin.

"Meskipun pemain tidak komplit, mereka berangkat ke Thailand tidak untuk berlibur. Mereka saya pastikan akan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik," ujar Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Di sisi lain, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumarji mengatakan bahwa turnamen Piala AFF U-23 merupakan turnamen yang tetap dianggap penting untuk menghadapi kualifikasi piala AFC.

"Piala AFF U-23 ini menjadi persiapan tim U-23 berlaga di kualifikasi AFC Asia melawan Taiwan (China Taipe) dan Turkmenistan, September nanti. Lalu berlanjut ke target utama bisa berlaga di AFC Cup 23 di Qatar sebagai kualifikasi ke Olimpiade Paris. Jadi dengan semua rentetan turnamen itu, Piala AFF U-23 ini menjadi sangat penting," ujar Sumardji.

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup B bersama Timor Leste dan Malaysia di Piala AFF U-23. Nantinya, Juara Grup akan otomatis lolos ke babak semifinal. Sementara tim di peringkat kedua akan berjuang dengan runner up dari grup lain guna menjadi satu runner up terbaik.