Pelajaran Besar Dibalik Kekalahan Indonesia Patriots dari UEA Di Game Terakhir IIBI

Indonesia Patriots vs Uni Emirat Arab
Indonesia Patriots vs Uni Emirat Arab (Foto : Dok. IIBI)

AntvIndonesia Patriots nyaris menghadirkan kejutan pada laga penutup Indonesia International Basketball Invitational (IIBI).

Mengimbangi permainan tamunya sampai akhir kuarter tiga, Patriots mengendur di kuarter akhir sehingga akhirnya tumbang 74-86 dari Uni Emirat Arab (UEA) di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu, 05 Agustus 2023 malam. 

img_title
Indonesia Patriots vs Suriah. (Foto: Dok. Perbasi)

Ini merupakan kekalahan ketiga Patriots dari tiga laga di IIBI. Sementara UEA memetik kemenangan keduanya setelah sebelumnya menang atas Suriah dan dikalahkan tim nasional basket Indonesia.

Walau kalah, Patriots yang berisikan para pemain muda terbaik Indonesia ini justru dinilai memberikan pelajaran terbaik kepada UEA. Ini disampaikan oleh pelatih UEA Mounir Ben Slimane selepas laga.

"Kredit untuk Patriots, saya menyalahkan pemain kami terutama karena mindset mereka. Saat Anda berpikir game akan mudah untuk Anda, di situlah Anda sudah mendapatkan masalah. Ini pelajaran besar. Dari tiga game yang kami jalani di turnamen ini, game hari ini lebih bermanfaat untuk kami bahwa mindset lebih penting di olahraga," kata Mounir. 

Laga ini menjadi aksi unjuk kemampuan point guard Patriots Antoni Erga. Pemain yang memperkuat Satria Muda Pertamina di kompetisi IBL mencetak 25 poin dan 4 assist. Pemain asal Bangka Belitung inilah yang membuka perolehan poin Patriots pada laga ini, dilanjutkan oleh aksi menawan Hendrick Xavi Yonga. Sempat memimpin hingga 16-14, Patriots akhirnya tertinggal empat poin 16-20 pada akhir kuarter pertama.