Suriah Berikan Catatan Kekurangan Timnas Basket Indonesia di Turnamen IIBI

Timnas Basket Putra Indonesia vs Suriah
Timnas Basket Putra Indonesia vs Suriah (Foto : Dok. IIBI)

Antv – Timnas basket Indonesia mendapatkan sejumlah catatan kekurangan yang harus diperbaiki dari performa mereka saat berlaga di hari terakhir Indonesia International Basketball Invitational (IIBI). 

Hal tersebut didapatkan tim asuhan Milos Pejic ketika dipaksa mengakui keunggulan Suriah 76-82 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu, 05 Agustus 2023 sore WIB.

Bermain tanpa Derrick Michael yang cedera jempol kaki, timnas Indonesia bergantung kepada Marques Bolden, terutama dalam defense. Ketika Marques ditarik, pertahanan timnas Indonesia di paint area lebih mudah ditembus. Sebaliknya, perolehan poin Yudha Saputra dkk juga agak tersendat karena kekurangan opsi menyerang dari bawah ring.

img_title
Timnas Basket Putra Indonesia vs Suriah. (Foto: Dok. IIBI)

Para pemain cadangan timnas Indonesia juga tak bisa mengimbangi permainan starter yang dihuni Yudha, Jerome Anthony Beane Jr, Juan Laurent, Brandon Jawato, dan Marques, terutama dalam offense. Sepanjang pertandingan, hanya tiga angka yang disumbang pemain bench, yakni lewat tembakan tiga angka Zane Adnan.

Timnas Indonesia sebenarnya memulai laga dengan cemerlang. Berbeda ketika mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 66-62 sehari sebelumnya, Marques dkk langsung tancap gas. Dimulai dengan tembakan tiga poin Juan, timnas Indonesia melejit lewat aksi-aksi brilian Marques dan Beane hingga unggul 21-4 saat interval kuarter pertama.

Namun saat Milos melakukan rotasi, Suriah bisa mengejar ketertinggalan untuk menutup kuarter pertama menjadi 17-24 bagi keunggulan timnas Indonesia.