Ketum PSSI Erick Thohir Berburu Calon Direktur Tenik ke Jerman untuk Gantikan Indra Sjafri

Ketum PSSI Erick Thohir Berburu Calon Direktur Tenik ke Jerman
Ketum PSSI Erick Thohir Berburu Calon Direktur Tenik ke Jerman (Foto : Instagram)

Antv – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan pihaknya akan mencari direktur teknik dari Jerman sebagai pengganti Indra Sjafri yang kini kembali ditunjuk menangani timnas U-23.

PSSI menyebut akan menggelar pertemuan dengan federasi sepak bola Jerman, Deutscher Fussball-Bund (DFB) terkait rencana berburu calon Direktur Teknik (Dirtek) PSSI yang baru.

Erick Thohir juga menanggapi kontroversi di media sosial yang menyebut seakan-akan ada pemecatan Indra Sjafri. Padahal, menurut Erick, pergantian direktur teknik itu sudah dibicarakan sejak lama.

"Itu (pergantian direktur teknik PSSI) sudah dibicarakan bahwa karena kami punya dua pelatih hebat, maka direktur tekniknya harus independen," ujarnya, usai acara pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun memastikan, Dirtek PSSI nanti akan independen.

“Technical Director-nya harus independen, satu pilihannya memang kita sedang coba akan rapat dengan federasi Jerman (DFB),” ucap Erick.

“Kita sedang coba lihat cv untuk Technical Director. Jadi kita semua bikin fair dan transparan ya, kita ingin membangun tradisi yang profesional dan transparan,” tambahnya.

Pernyataan Erick Thohir ini dengan sendirinya mengeliminasi rumor yang beredar sebelumnya, bahwa calon Dirtek PSSI berasal dari Jepang.

Hal ini juga dipastikan oleh Anggota Komite Ekskutif (Exxecutive Committee) PSSI, Arya Sinulingga.

“Seperti Pak Erick bilang, kita lihat CV-CV dulu, jadi kalau ada rumor Direktur Teknik dari Jepang bisa dieliminasi. Jepang untuk pengembangan Timnas Putri, Jerman untuk Dirtek,” kata Arya.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Akira Nishino, adalah salah satu kandidat Dirtek PSSI. Nishino sendiri merupakan mantan pelatih Timnas Jepang (1991-1996, 2018) dan Thailand (2019-2021).