Ketum PSSI Erick Thohir Pimpin Panitia Lokal Piala Dunia U-20

Ketum PSSI Erick Thohir Pimpin Panitia Lokal Piala Dunia U-20
Ketum PSSI Erick Thohir Pimpin Panitia Lokal Piala Dunia U-20 (Foto : Istimewa)

Antv – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bergerak cepat dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023. Kurang tiga bulan sebelum pelaksanaan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memutuskan memimpin langsung kepanitiaan lokal (Local Organizing Committee/LOC).

Menurutnya, langkah ini untuk mempermudah koordinasi dengan kepanitiaan pusat Piala Dunia U20. Ia memutuskan langkah strategis memimpin LOC agar koordinasi dengan INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee) yang menjadi panitia pusat lebih maksimal.

"Kini, saya pimpin langsung agar koordinasi LOC dan INAFOC bisa efektif dan efisien, termasuk pembagian tugas agar tidak overlapping. Ini layaknya apa yang terjadi saat Asian Games 2018, antara INASGOC dan KOI," kata Erick dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023).

Erick menegaskan, langkah cepat dengan memotong alur birokrasi penting untuk dilakukan. Ini demi kesuksesan pelaksanaan Piala Dunia U20 yang tinggal berselang 81 hari sebelum pelaksanaan.

Ambil alih kepemimpinan ini dilakukan, kata Erick, bertujuan agar PSSI dengan INAFOC tidak tumpang tindih mengenai pembagian anggaran. "Mana budget pemerintah dan budget sponsor, baik yang berasal dari sponsor FIFA maupun sponsor lokal," ujarnya.

"Semua budget itu tidak boleh tercampur, namun saja soal opening dan closing ceremony. Kami sudah serahkan ke INAFOC" ucapnya.

Erick juga menjamin bahwa penggunaan dana untuk FIFA U20 dilakukan transparan demi menjaga kepercayaan. Karena, menurutnya bagaimanapun untuk event-event yang dibuat FIFA pasti ada standarnya.

"Ingat ya, standar FIFA, bukan standar Indonesia sehingga harus kita ikuti. Ini adalah pintu kita untuk bisa ikut bidding Piala Dunia, maka kita harus memastikan semua berjalan dengan baik," tandasnya.