Presiden Jokowi Luncurkan Papua Football Academy di Jayapura

Presiden Jokowi Luncurkan Papua Footbal Acadmy di Jayapura
Presiden Jokowi Luncurkan Papua Footbal Acadmy di Jayapura (Foto : Humas Kemenpora)
Menpora Amali Dampingi Presiden Jokowi Luncurkan Papua Football Academy di Jayapura

Antv – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peluncuran Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Rabu (31/8). Peluncuran ditandai dengan pemukulan alat musik tifa. 

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini saya luncurkan Papua Football Academy di Tanah Papua,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Kepala Negara mengatakan, akademi sepak bola ini lahir setelah dirinya meminta komitmen dari PT Freeport Indonesia dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Papua. Presiden juga menginginkan venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 terpakai.

“Bulan November tahun lalu, saya undang Dirut PT Freeport Indonesia. Saat itu saya minta komitmen untuk pembangunan SDM di Tanah Papua. Saya juga minta fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON bisa terawat, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola. Hari ini, sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” ujar Presiden.

img_title
Presiden Jokowi Luncurkan Papua Football Academy di Jayapura. (Foto : Humas Kemenpora)

Menurut Presiden, Papua telah banyak melahirkan pemain sepak bola yang hebat. Bahkan pada beberapa era sebelum dan sekarang ada putra terbaik Papua yang memperkuat Timnas Indonesia. 

“Kita tahu Tanah Papua telah melahirkan talenta berbakat. Ada Rully Nere, Johanes Auri, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Ramai Rumakiek, dan saya senang lihat Ricky Kambuaya,” terang Presiden.