Hasil Liga Champions: Taklukkan Bayern 3-1, Liverpool Lengkapi Wakil Inggris

Van Dijk menciptakan satu gol dalam kemenangan 3-1 Liverpool atas Bayern
Van Dijk menciptakan satu gol dalam kemenangan 3-1 Liverpool atas Bayern (Foto : )

Inggris mempunya wakil yang masih lengkap di babak perempat final Liga Champions, setelah Liverpool menghancurkan Bayern Muenchen 3-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang dihelat di Allianz Arena, Kamis (14/3/2019) dinihari WIB.

Pahlawan kemenangan 3-1 The Reds atas Muenchen adalah Sadio Mane yang bikin dua gol. Liverpool unggul lebih dulu lewat gol Mane pada menit ke-26 sebelum disamakan gol bunuh diri Joel Matip sepuluh menit berselang. Liverpool kembali unggul lewat gol Virgil van Dijk di menit ke-69 dan Mane menutup kemenangan 3-1 The Kop dengan gol keduanya enam menit sebelum laga usai. The Reds lolos dengan keunggulan agregat 3-1 setelah bermain imbang tanpa gol di Anfield.

Dengan hasil ini, Liverpool menyusul tiga tim Inggris lain yang telah memastikan diri lolos yakni, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Manchester City, Manchester United dan Tottenham Hotspur, masing-masing menyingkirkan Schalke, Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund. Dengan keberhasilan Liverpool bisa melewati adangan Bayern ini, Inggris sekaligus mengulang pencapaian yang pernah diukir pada 2007/2008 dan 2008/2009.

Sejauh ini, Premier League adalah satu-satunya kompetisi domestik yang pernah meloloskan empat wakil ke perempatfinal Liga Champions. Pada 2007/2008, Inggris meloloskan Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan MU ke perempatfinal. Final sesama tim Inggris bahkan tercipta lewat duel Chelsea versus MU.

The Red Devils keluar sebagai juara setelah dalam laga final unggul lewat drama adu penalti. Semusim kemudian, keempat tim tersebut kembali sampai perempatfinal Liga Champions. Chelsa, MU, dan Arsenal kemudian melanjutkan langkahnya sampai semifinal. MU yang sampai ke final akhirnya harus mengakui keunggulan Barcelona. Musim ini mampukah wakil Premier League menjadi juara atau paling tidak menapak final di Liga Champions musim ini, seperti 2007/2008 atau 2008/2009 lalu?