Resmi! Setelah Tiga Bulan, Akhirnya Italia Miliki Pemerintahan Baru

Giuseppe Conte
Giuseppe Conte (Foto : )

www.antvklik.com Pemilu Italia telah berlalu pada Maret lalu, namun diskusi dan perdebatan yang tak berujung, terus hambat pemerintahan baru Italia untuk terbentuk. Akhirnya setelah tiga bulan, Rabu (6/6/2018) waktu setempat, Italia miliki pemerintahan baru berserta kabinet menteri-menteri mereka.

Semua dimulai setelah pemilihan 4 Maret lalu, yang menghasilkan Partai Five-Star-Movement dan Liga sebagai pemilik suara terbanyak, namun tak keduanya memiliki mayoritas di perlemen.

“Game” terus berlanjut. Pemimpin Partai Five-Star-Movement, Luigi Di Maio, melakukan pembicaraan panjang untuk menemukan kecocokan dengan pemimpin Partai Liga, Matteo Salvini.

Diskusi awalnya dimulai dengan melibatkan semua orang, termasuk eks Perdana Menteri, Silvio Berlusconi. Semua dilakukan sebagai usaha untuk mereformasi pemerintahan, namun tak jua ditemukan kata sepakat.

Kemudian nama baru muncul. Giuseppe Conte, seorang professor hukum berumur 53 tahun yang tak begitu terkenal. Ia masuk radar calon perdana menteri yang dianggap memenuhi syarat, dan juga didukung oleh Partai Five-Star-Movement.

Tak mulus juga jalan Giuseppe Conte menjadi Perdana Menteri. Nama calon menteri ekonomi yang diajukannya ditolak oleh Sergio Mattarella, Presiden Italia.

Kemungkinan-kemungkinan terus disiapkan, ketika banyak orang memprediksi akan terjadi pemilihan ulang, Giuseppe Conte muncul dengan daftar nama kabinet yang baru, yang kemudian disetujui oleh Presiden Mattarella.