Kolaborasi Memukau Manshur dan Angklung Orchestra Pada Festival Angklung 2023 di Kuningan

Kolaborasi Memukau Manshur dan Angklung Orchestra di Festival Angklung 2023 Kuningan
Kolaborasi Memukau Manshur dan Angklung Orchestra di Festival Angklung 2023 Kuningan (Foto : Tim antvklik.com)

Antv – Pada Sabtu, 2 Desember 2023, pukul 19.00 WIB malam ini, Hotel Santika Premier Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat, akan menjadi saksi gelaran Festival Angklung 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh Disporapar Kabupaten Kuningan, dengan dukungan Disparbud Jabar dan Kemenparekraf, menjanjikan pengalaman tak terlupakan melalui kolaborasi memukau antara Manshur Angklung dan Angklung Orchestra.

Manshur, pemain angklung asal Bandung yang telah meraih ketenaran internasional, akan memukau penonton dengan kepiawaiannya memainkan alat musik tradisional ini.
Namun, Festival Angklung 2023 tidak hanya menyajikan penampilan solo Manshur. Acara ini juga akan diramaikan oleh Dutklung (Dangdut Angklung) Project, Samgo Band, Angklung SMANTIKA, Sanggar Seni DNR, dan kolaborasi musik dari berbagai daerah, seperti Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Indramayu.

Festival Angklung bukan sekadar hiburan semata. Selain menjadi persembahan seni yang memikat, acara ini memiliki tujuan luhur: melestarikan kekayaan seni budaya tradisional Indonesia.

Angklung, sebagai salah satu ciri khas identitas Bangsa Indonesia, diharapkan tetap diapresiasi oleh generasi muda di tengah gempuran perkembangan dunia digital.

Festival ini tak hanya menjadi ajang perayaan semata, tetapi juga sebuah peringatan. Dalam rangka memperingati Perundingan Linggarjati yang ke-77, sekaligus merayakan 6 tahun dikukuhkannya Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Angklung.

Sejak tahun 1938, Angklung telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Kuningan. UNESCO bahkan menetapkan Angklung sebagai salah satu warisan dunia pada 16 November 2010.

Dukungan dari Kemenparekraf Republik Indonesia yang mengukuhkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Angklung memberikan arti yang mendalam pada festival ini.
Harapannya, Festival Angklung 2023 dapat memberikan dampak positif tidak hanya dalam ranah seni dan budaya, tetapi juga bagi usaha ekonomi kreatif di sekitar wilayah yang dilaluinya, mencakup sektor transportasi, kuliner, kerajinan, dan destinasi wisata.