Ditentang Kelompok Pro Palestina, Konser Sam Smith di Israel Batal

Sam Smith
Sam Smith (Foto : Instagram: @samsmith)

Antv – Sosok penyanyi-penulis lagu asal Inggris, Sam Smith tengah menuai kritikan pedas dari aktivis Palestina. Hal itu menyusul kabar bahwa Sam Smith menggelar konser di Israel hingga menuai pro dan kontra.

Hingga pada akhirnya, konser tersebut dibatalkan dengan alasan masalah teknis dan logistik yang tidak terduga.

Hal tersebut juga diungkap langsung oleh penyelenggara festival Summer in the City yang mengatakan tidak akan ada konser yang berlangsung pada 31 Mei, termasuk konser Sam Smith.

"Pemegang tiket diundang untuk menghubungi agen tiket mereka untuk menerima pengembalian uang secara penuh," kata pihak penyelenggara dalam sebuah pernyataan, melansir Metro, Selasa 9 Mei 2023.

Tentu, langkah itu disambut baik oleh juru kampanye Palestina dan pro-Palestina. Kampanye Palestina untuk Boikot Akademik & Budaya Israel (PACBI) mengatakan senang bahwa artis non-biner tersebut tidak akan "mencuci otak atau menjadi merah muda" reputasi Israel dengan tampil di kota tersebut.

Tercatat bahwa band pendukung Smith, band metal Papa Roach, telah mengonfirmasi pada bulan Maret bahwa mereka tidak akan tampil.

"Kami mendesak artis yang tersisa untuk mundur dari Summer in the City di apartheid Israel, dan bergabung dengan 1000 seniman di seluruh dunia untuk mendukung perjuangan tanpa kekerasan kami untuk hak asasi manusia," cuit organisasi tersebut.