Peraturan Piala Menpora tanpa Penonton dan Prokes Ketat, Stadion Sepi

pembukaan1
pembukaan1 (Foto : )
Panitia penyelenggara Piala Menpora 2021 memang sejak awal diatur tanpa menghadirkan penonton dan dengan menerapkan protokoler kesehatan ketat.
Beberapa jam sebelum pembukaan digelar suasana stadion memang tampak sepi, hanya ratusan petugas keamanan serta panitia yang lalu lalang di sekitaran stadion.Hal tersebut terjadi karena memang dalam aturan panitia hanya membolehkan sebanyak 229 orang yang terlibat di area stadion manahan Solo.Seluruhnya diwajibkan melakukan test swab 3 jam sebelum waktu kick off, serta wajib masuk ke dalam stadion 2 jam sebelum waktu pembukaan. Mereka yang lolos pemeriksaan tes swab antigen akan dibekali sistem akreditasi atau akses ketat. Hal ini diterapkan di semua zona stadion.
Semua yang sudah masuk pukul nantinya tak diperbolehkan keluar lagi hingga semua rangkaian pertandingan berakhir karena hanya ada satu pintu yang dibuka. Satu jam menjelang pertandingan, pintu itu sudah ditutup. Aturan ini diberlakukan juga untuk menjalankan protokol kesehatan. Pihak panitia juga memberlakukan sistem empat zona, zona satu adalah area lapangan dan pinggir lapangan.  Kemudian zona dua adalah area ruang ganti pemain, wasit, dan panitia. Zona tiga meliputi area tribun penonton, termasuk untuk media. Lalu zona empat adalah area di luar stadion. Zona empat ini walaupun di luar stadion, tetap tidak boleh ada kerumunan.Meski tanpa penonton pihak keamanan dari gabungan TNI dan Polri tetap diturunkan yaitu sebanyak kurang lebih 150 personil untuk mengamankan Pembukaan piala Menpora yang akan bergulir sore ini.Pembukaan turnamen sendiri ditandai dengan pertandingan antara Arema FC versus Persikabo 1973. Kick off mulai pukul 15.15 WIB.Beberapa Foto persiapan Pembukaan Piala Menpora 2021