Seminar Strategi dan Tantangan Masa Depan SDM Indonesia di Era 5.0, Menuju Tahun 2045

Seminar Strategi dan Tantangan Masa Depan SDM Indonesia di Era 5.0, Menuju Tahun 2045
Seminar Strategi dan Tantangan Masa Depan SDM Indonesia di Era 5.0, Menuju Tahun 2045 (Foto : Istimewa)

Antv – Universitas IPWIJA, pada Sabtu, 20 Januari 2024, sukses melaksanakan Seminar Sumber Daya Manusia (SDM) secara Hybrid dari Auditorium Kampus dengan tema "Masa Depan SDM Indonesia di Era 5.0 Strategi dan Tantangan Menuju Tahun 2045."

Seminar ini menjadi forum penting bagi para akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan untuk mendiskusikan berbagai isu terkait perkembangan SDM Indonesia di era teknologi 5.0 yang semakin cepat.

Dengan semakin kompleksnya tantangan dan peluang di masa depan, dan bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang inovatif, solusi untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Berikut adalah beberapa poin utama yang dibahas pada Seminar:

• Visi Masa Depan SDM Indonesia (2045): Mengidentifikasi harapan dan tujuan untuk mencapai SDM yang berkualitas tinggi dan siap menghadapi tantangan di era 5.0.

• Strategi Pendidikan Berbasis Teknologi: Membahas peran teknologi dalam mengubah lanskap pendidikan, dan mencari strategi untuk memanfaatkannya secara optimal dalam meningkatkan kualitas SDM yang matching dengan kebutuhan industri kedepan.

• Tantangan dan Peluang SDM di Era 5.0: Analisis mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh SDM Indonesia, termasuk adaptasi terhadap perubahan teknologi, dan cara mengubah tantangan menjadi peluang.

• Strategi pengembangan Human Capital yang adaptif dan bersahabat dengan Era Ketidapastian mulai dari Teknik pengelolaan, technology sebagai enabler dan karakter pun dibahas tuntas.

• Kerjasama Industri dan Pendidikan: Membahas pentingnya kemitraan antara industri dan perguruan tinggi dalam membentuk SDM yang relevan dan berdaya saing tinggi.

• Kesetaraan Gender dan Diversitas dalam SDM: Memperhatikan pentingnya kesetaraan gender dan keragaman untuk memastikan bahwa perkembangan SDM melibatkan semua lapisan masyarakat.

Seminar dibuka oleh Ir. Besar Agung Martono, MM, DBA sebagai Rektor Universitas IPWIJA, hadir juga Ketua Yayasan IPWIJA Dr. Sri Lestari Prasilowati, M.A. dan Wakil Rektor bidang akademik Dr. Suyanto, M.M, M.Ak,CA.

Turut hadir pembicara-pembicara ternama dari Industri Financial Technology R. Ariyo Putro sebagai Chief Human Capital, Effi Harfiana dari industri FMCG dan Hj. Rini Purba Kirana dari Praktisi Pendidikan termasuk banyak akademisi Universitas dari luar IPWIJA dan penggiat UMKM dari berbagai Kalangan.

"Seminar ini sangat di luar prediksi saya, sangat terasa gebyarnya dimulai dari rangkaian podcast series dengan topik yang beragam seputar SDM Indonesia, di tambah dengan konsep seminar hari ini yang ditayangkan live streaming di kanal youtube IPWIJA di link https://www.youtube.com/live/0iWa1ieOINs?si=ha7Lq_sOtHT7B9_2 dengan di tonton kurang lebih 1.000 peserta seminar ini. Sekaligus menjadi suatu wadah terobosan inovastif dan sangat bagus yang dilakukan oleh Mahasiswa S2 angkatan kelas Cikeas Sabtu semester 1 dan 2 (CS12). Sungguh menjadi kebanggan buat saya pribadi pada rangakaian acara ini dengan harapan bisa memberikan exposure keluar tentang dunia kampus khususnya Universitas IPWIJA," ujar Ketua Yayasan IPWIJA Dr. Sri Lestari Prasilowati, M.A dan sekaligus sebagai dosen Pengampu pada mata kuliah Manajemen SDM, saat opening Speech.

Pastinya secara umum para peserta yang telah mengikuti seminar ini bisa menjadi referensi ilmu baru dan dapat di implementasikan pada dunia sehari-hari dan di industri kerja.