Wakasad Tinjau Lokasi Ketahanan Pangan Kostrad di Ciemas dan Cibenda Sukabumi

Wakasad Tinjau Lokasi Ketahanan Pangan Kostrad di Ciemas dan Cibenda Sukabumi
Wakasad Tinjau Lokasi Ketahanan Pangan Kostrad di Ciemas dan Cibenda Sukabumi (Foto : Dok. Dinas Penerangan Kostrad)

Antv – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman melakukan kunjungan ke area Ketahanan Pangan (Hanpangan) Kostrad yang berlokasi di Neglasari, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rabu (20/12/2023).

Perubahan dilakukan oleh TNI Angkatan Darat (AD) yang menyulap lahan tidur menjadi area food estate untuk ketahanan pangan. Lahan tidur di kawasan Geopark Ciletuh, tepat di Neglasari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang sudah bertahun-tahun tidak dimanfaatkan, kini kondisinya berubah.

Dengan adanya bantuan dari Kementan dan pupuk Kaltim, lahan yang dulunya tidur dan tidak menghasilkan kini telah berubah menjadi lahan pertanian yang produktif. Arif Rahman menilai bahwa prospek ke depannya sangat baik, dan ini dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wakasad Letjen TNI Arif Rahman mengaku terkesan dengan capaian hasil panen tanaman holtikultura, yang tengah dikembangkan Kostrad, setelah melihat proses penanaman jagung oleh para petani, pengamatan geomembran untuk pengairan pertanian, serta peninjauan peternakan ikan, sapi serta ayam di lahan seluas 210 hektare.

“Saya dating ke sini melihat ketahanan pangan yang dibuat oleh Kostrad, saya bangga sekali dengan hasilnya di sini, berkat bantuan dari Kementan, kemudian juga dari Pupuk Kaltim kemudian dari Asia Gif, yang dulunya lahan ini lahan tidur tidak menghasilkan, sekarang sudah bisa dilihat prospeknya ke depan sangat baik sekali, dan ini sangat menunjang untuk kesejahteraan masyarakat," kata Wakasad kepada wartawan di lokasi.

Letjen TNI Arif Rahman menjelaskan, lokasi ketahanan pangan itu diharapkan menjadi peecontohan food estatenya di Indonesia, khususnya menjadi food estate pertama di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

"Mudah-mudahan ini nantinya akan saya sampaikan kepada bapak Kasad untuk pilot project di lingkungan Angkatan Darat, dan nantinya akan dikembangkan, bukan hanya di sini tetapi di seluruh Indonesia, nanti mungkin masing-masing Kodam akan membuat seperti ini, jadi pilot projectnya," pungkasnya.