Kunjungi Bantaeng, Ini yang Dilakukan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Kunjungi Bantaeng, Ini yang Dilakukan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
Kunjungi Bantaeng, Ini yang Dilakukan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (Foto : Dok. Dispenad)

Antv – Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. ke Kabupaten Bantaeng, diisi dengan berbagai kegiatan bersama Forkopimda dan elemen masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satunya dengan terjun langsung membersihkan sampah di sepanjang Pantai Borkal, Kabupaten Bantaeng, Sulsel, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan yang dilakukan Kasad bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, serta Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ini sekaligus menjadi Kick Off Program Bersih Sampah yang juga digelar di delapan Kabupaten di Provinsi Sulsel.

Kasad mengatakan bahwa pembersihan sampah di Pantai Borkal ini merupakan awal dari proses untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, lewat rencana pemanfaatan komoditi rumput laut ke depannya.

“Dalam perjalanan ini, kami berdiskusi di Angkatan Darat, ini perlu dilakukan di seluruh Indonesia. Hari ini hanya dilaksanakan di delapan Kabupaten di Sulawesi Selatan. Dalam waktu dekat kita akan selenggarakan di seluruh Indonesia, secara bertahap nantinya," ungkapnya.

Lebih lanjut Kasad menerangkan bahwa kehadirannya di Kabupaten Bantaeng, Sulsel, adalah berkat komunikasi yang baik antara TNI AD dengan eSeaweed Indonesia Foundation, Pemprov Sulsel, Pemkab Bantaeng, serta pihak terkait lainnya.

“Karena komunikasi saya bersama Pak Hamid Awaludin, yang kebetulan istrinya (Andi Marcelya Awaludin) merupakan Ketua Umum eSeaweed Indonesia Foundation, yang sudah lama memikirkan bagaimana supaya program pembersihan khususnya sampah plastik di Bantaeng ini, dapat didukung oleh semua elemen,” tutur Kasad menjelaskan peran TNI AD dalam kegiatan tersebut.

img_title
Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak saat Memberikan Kata Sambutan. (Foto: Dok. Dispenad)

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga menegaskan bahwa akan ada reward bagi satuan-satuan jajaran TNI AD yang dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan dapat melakukan tindakan nyata berupa pembersihan sampah maupun penamanan pohon, sebagai upaya mengantisipasi bencana alam yang rawan terjadi di musim penghujan seperti saat ini.