Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Keterlibatan IKM dalam Pemulihan Ekonomi Sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Keterlibatan IKM dalam Pemulihan Ekonomi Sumsel
Pj Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Keterlibatan IKM dalam Pemulihan Ekonomi Sumsel (Foto : Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Antv – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengapresiasi keterlibatan besar para  pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam pemulihan ekonomi di Sumsel. Hal ini diungkapkan Fatoni dalam acara IKM Awards Sumsel 2023 di City Expo Palembang Indah Mall (PIM), Palembang, Sumatera Selatan, beberapa waktu lalu.

Fatoni mengaku bangga dengan inovasi IKM Sumsel yang maju pesat. Menurutnya, IKM telah teruji dan terbukti menjadi soko guru pertumbuhan ekonomi di masa Pandemi covid-19 yang lalu.

"Saya menyambut baik terlaksananya kegiatan IKM Sumsel Award. Kegiatan ini sebagai langkah pembelajaran untuk menumbuh kembangkan IKM khususnya di Sumsel. Sehingga para pelaku IKM bisa memiliki pengalaman yang berharga, lebih kuat, lebih sejahtera, menuju Sumsel maju untuk semua," jelas Fatoni.

Menurutnya, pemerintah menyadari tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi haruslah mencerminkan peningkatan kesejahteraan, yaitu adil dan merata. Ini berarti mampu menyentuh sendi-sendi perekonomian rakyat Sumsel.

Lebih lanjut ia menambahkan, kegiatan IKM Award merupakan suatu langkah awal dalam membentuk pelaku usaha yang mampu berdaya saing, menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggal pelaku usaha.

"Pelaku IKM diharapkan mampu merespon tantangan ekonomi global dan juga harus mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Berdasarkan data IKM tahun 2022 tercatat terdapat 16.345 unit usaha kecil. Terdiri dari pangan 7.158 unit usaha, sandang dan kulit 1.315 unit usaha, kimia dan bahan bangunan 4.412 unit usaha, logam dan jasa 2.741 unit usaha kemudian kerajinan dan umum 719 unit usaha.