KMP Tranship 1 yang Mengangkut Puluhan Penumpang dan Kendaraan, Terbakar di Pelabuhan Bakauheni

KMP Tranship 1 yang Mengangkut Puluhan Penumpang dan Kendaraan, Terbakar di Pelabuhan Bakauheni
KMP Tranship 1 yang Mengangkut Puluhan Penumpang dan Kendaraan, Terbakar di Pelabuhan Bakauheni (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Kapal Motor Penumpang (KMP) Tranship 1 yang berlayar dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni, Lampung, terbakar saat berada di perairan Selat Sunda, Jumat (20/10/2023), sekitar pukul 16.00 WIB.

KMP Tranship 1 membawa penumpang 54 orang dan 52 kendaraan tersebut rencananya akan sandar di Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, dan akhirnya sandar di Dermaga 1.

Kebakaran diduga berasal dari motor listrik yang ada di dalam truk ekspedisi JNT dengan nomor polisi B 9239 UXW,

Menurut Gomos Silitonga, Perwira Jaga BPTD Bakauheni mengatakan setelah memasuki alur Pelabuhan Bakauheni asap mulai terlihat tebal hitam, lalu kapal tersebut langsung diarahkan menuju dermaga empat untuk dilakukan evakuasi.

"Selama alur pelayaran itu kejadiannya di alur PTS atau di tengah laut, itu asapnya masih sedikit," kata Gomos.

Kemudian, setelah kapal itu memasuki alur kami dahulukan untuk melakukan proses pembongkaran dan evakuasi penumpang.

Api diketahui berasal dari sebuah mobil ekspedisi kargo yang membawa paket-paket, serta api itu bersumber dari motor listrik di dalamnya.

"Untuk korban jiwa tidak ada, para penumpang kapal langsung dievakuasi, namun ada beberapa yang mengalami sesak napas karena pihak kapal mengarahkan para penumpang di buritan kapal," tandasnya.

Seluruh penumpang dan kendaraan berhasil dievakuasi petugas gabungan dari dalam kapal. Sementara truk ekspedisi JNT yang menjadi penyebab kebakaran langsung dikeluarkan dari kapal dan langsung dipadamkan oleh petugas.