Danlantamal IX Bersama Universitas Muhammadiyah Maluku Gelar '9th Naval Base Goes To Campus'

Danlantamal IX Bersama Universitas Muhammadiyah Maluku Gelar “9th Naval Base Goes To Campus”
Danlantamal IX Bersama Universitas Muhammadiyah Maluku Gelar “9th Naval Base Goes To Campus” (Foto : Dok. Dispen Lantamal IX/Ambon)

Antv – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla menggelar "9th Naval Base Goes to Campus" bersama Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMKU), bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Maluku, Komplek Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Maluku, Wara-Air Kuning, Kota Ambon, Senin (09/10/2023).

"9th Naval Base Goes to Campus" merupakan salah satu wujud nyata komitmen TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal IX bersama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Maluku untuk meningkatkan Literasi Kemaritiman pada civitas akademika dalam bentuk Kuliah Umum.

Pada kuliah umum kali ini dengan mengusung tema "Menuju Indonesia Emas 2045 Begerak dari Timur Indonesia", Brigjen Said Latuconsina membahas tentang 4 (empat) Pilar Pembangunan Indonesia 2045, Kondisi dan Hambatan yang dialami oleh Provinsi Maluku saat ini, Potensi Kemaritiman Wilayah Maluku, serta Maluku Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Brigjen Said Latuconsina menyebutkan bahwasanya saat ini masih banyak persoalan yang dihadapi oleh Provinsi Maluku mulai dari masalah sosial seperti pengangguran dan kemiskinan sampai dengan masalah kesehatan, yang mana hal ini harusnya dapat diatasi dengan pengelolaan kekayaan dan potensi maritim yang dimiliki oleh Provinsi Maluku dengan tepat dan efektif

Selain pemaparan materi yang sangat menarik oleh Brigjen Said Latuconsina, civitas akademika UNIMKU yang terdiri dari dosen dan mahasiswa nampak antusias bertanya dan menyampaikan tanggapannya terkait permasalahan dan tantangan kemaritiman yang saat ini dihadapi oleh Provinsi Maluku.

Melalui diskusi yang terlaksana baik dari TNI Angkatan Laut maupun civitas akademika UNIMKU memiliki misi yang sama, yaitu mengembangkan potensi maritim di Provinsi Maluku untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan sumber daya manusia, penguatan keamanan wilayah maritim serta Peraturan Perundang-undangan dan Kebijakan Pemerintah.

Brigjen Said Latuconsina serta Rektor dan seluruh civitas akademika UNIMKU berharap kegiatan Kuliah Umum ini dapat menjadi langkah awal untuk menjalin kerjasama yang lebih erat antara TNI Angkatan Laut dengan Universitas Muhammadiyah Maluku pada bidang Kemaritiman.