Kemendagri Gelar BUMD Awards 2023, Ini Pemenangnya

Kemendagri Gelar BUMD Awards 2023, Ini Pemenangnya
Kemendagri Gelar BUMD Awards 2023, Ini Pemenangnya (Foto : Puspen Kemendagri)

AntvKementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah (Ditjen Bina Keuda), menyelenggarakan kegiatan Penganugerahaan BUMD Awards 2023 dan Rapat Koordinasi (Rakor) BUMD Seluruh Indonesia Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, tujuan utama BUMD Awards adalah memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD seluruh Indonesia.

"BUMD seluruh Indonesia saat ini ada 1.056. Oleh karena itu agar bisa memetakan, bisa mengetahui kinerja dari BUMD, dan juga dalam rangka pembinaan dilakukan penilaian terhadap kinerja BUMD," katanya.

Fatoni memaparkan setidaknya ada lima tujuan dari penilaian BUMD ini. Pertama, dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola dan kinerja BUMD. Kedua, meningkatkan kinerja dan tata kelola serta menciptakan iklim kompetitif antar-BUMD.

Ketiga, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (Pemda) dalam pengelolaan dan pengembangan usaha BUMD.

Keempat, meningkatkan sinergi antar-BUMD, asosiasi BUMD, dan Pemda. Kelima, mendorong Pemda dan BUMD untuk berinovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.