Menhan RI Prabowo Subianto Hadiri Hari Nasional ke-93 Arab Saudi

Menhan RI Prabowo Subianto Hadiri Hari Nasional ke-93 Arab Saudi
Menhan RI Prabowo Subianto Hadiri Hari Nasional ke-93 Arab Saudi (Foto : Dok. Biro Humas Setjen Kemhan)

AntvMenteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara "The 93rd National Day of the Kingdom of Saudi Arabia" atau Hari Nasional Uni Emirat Arab ke-93, yang digelar di Hotel Rafles di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Hadiri Hari Nasional ke-93 Arab Saudi dirayakan secara meriah dan dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya.

"Saya mengucapkan selamat atas nama pemerintah Republik Indonesia kepada Kerajaan Arab Saudi atas hari nasional yang ke-93," kata Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya yang disampaikan Menteri Agama, Senin (25/9/2023).

Presiden RI juga menyampaikan harapannya agar kuota haji di tahun depan semakin di tambah dan direalisasikan untuk pemerintah Indonesia.

Menag juga turut menyampaikan terima kasih kepada Raja Kerajaan Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud atas pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia tahun 2023.

"Terimalah penghargaan kami juga yang tulus kepada penjaga dua masjid suci, Yang Mulia Raja Salman yang telah memfasilitasi 229 ribu jemaah haji Indonesia tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan kuotanya ditambah lagi," ungkap Menag.

Lebih lanjut, Menag juga mengapresiasi hubungan antara Arab Saudi dan Indonesia yang telah meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir.

"Bersama-sama kita aktif mendorong pembangunan yang adil dan merata. Jika hubungan Indonesia dan Saudi ini disimpulkan dalam satu kata, kata persaudaraan adalah deskripsi paling tepat," jelas Menag.

Pada Kesempatan yang sama, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi juga mengatakan Arab Saudi dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat dekat.

"Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sedangkan Saudi adalah negara tempat beradanya dua masjid suci umat muslim (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi)," kata Faisal dalam bahasa Arab.

"Saudi dan Indonesia juga merupakan anggota dari Organization of Islamic Cooperation (OIC) dan G20," tambah Faisal.