Menjelang Pesta Demokrasi Pemilu 2024, Polda Kaltim Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Menjelang Pesta Demokrasi Pemilu 2024, Polda Kaltim Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota
Menjelang Pesta Demokrasi Pemilu 2024, Polda Kaltim Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Foto : Dok. Humas Polda Kaltim)

Antv – Polda Kalimantan Timur menggelar Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dalam rangka persiapan menjelang Pemilu 2024. Simulasi berlangsung di Ex.Bandara Temindung Samarinda, Kamis (7/9/2023).

Dalam kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dihadiri Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi, Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si.,, Pangdam VI Mulawarman serta para Forkopimda Kaltim.

Simulasi Sispam Kota ini dirancang untuk mengantisipasi potensi ketegangan dan risiko yang mungkin muncul pasca-Pemilu 2024.

Dalam kegiatan ini, berbagai skenario penanggulangan dari situasi aman hingga situasi chaos diperagakan secara detail sesuai dengan kondisi lapangan yang mungkin terjadi selama pesta demokrasi.

Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., menyatakan bahwa simulasi ini merupakan langkah antisipatif yang sangat penting untuk menghadapi potensi ketidakpuasan beberapa golongan terhadap hasil Pemilu mendatang.

Pelaksanaan simulasi telah disesuaikan dengan kondisi faktual yang mungkin terjadi, sehingga memungkinkan pihak berwenang untuk merancang strategi penanggulangan yang efektif.

Sebelumnya, Polda Kaltim juga telah mengadakan Tactical Floor Game (TFG) guna memperlancar pelaksanaan Sispam Kota di lapangan.