Miris! SD Negeri di Pringsewu Lampung Hanya Memiliki 5 Orang Murid, Terancam Ditutup Permanen

Miris! SD Negeri di Pringsewu Lampung Hanya Memiliki 5 Orang Murid
Miris! SD Negeri di Pringsewu Lampung Hanya Memiliki 5 Orang Murid (Foto : antvklik-Puji)

Antv – Dua tahun tidak mendapatkan murid baru, Sekolah Dasar Negeri 3 Margakaya, Kabupaten Pringsewu, Lampung, hanya miliki 5 murid dan akan ditutup permanen.

Berdasarkan pantauan di lokasi, bangunan gedung sekolah dasar tersebut terlihat berada di tengah tengah pusat desa. Namun, kondisinya sangat memprihatinkan.

Nampak terlihat, satu blok gedung kelas sudah tidak terawat lagi. Begitu juga, bangunan gedung yang lainnya.

Nuheri, Kepala Sekolah SDN 3 Margakaya mengatakan bahwa dari awal dirinya menjabat sebagai Kepala sekolah muridnya dalam kondisi sudah sedikit dan sepi.

"Saya telusuri kenapa seperti ini. Kebanyakan mereka ingin yang lebih dekat dan juga lebih sekolah itu ramai anak pengaruhnya seperti itu," kata Nuheri, Jumat (21/07/2023).

Pihaknya pun sudah memberikan beberapa masukan ke masyarakat dan melalui jenis kegiatan kita berikan kepada anak-anak supaya menarik kita nanti dapat murid banyak tetap tidak mendapatkan murid.

"Berbagai macam ekstra di berikan, program unggulan. Kita memberikan beberapa macam program unggulan tapi tidak mengenal juga," jelasnya.

Menurutnya, di tahun 2022 jumlah muridnya ada 10 murid dan di tahun 2023 sudah lulus 5 murid tinggal 5.

"PDBI tahun ini 2023 kita dapat murid sama sekali," ungkapnya.

Karena itu, ia pun menilai mungkin pengaruh dari lingkungan. Karena untuk apa alumni sedikit anak-anak yang masa usia masuk sekolah untuk lingkungan sedikit.

"Jumlah gurunya ada 6, lengkap semua lengkap semua. Tapi, muridnya tidak ada. Padahal, memberikan masukan kepada wali murid ataupun masyarakat ini justru lebih sangat efektif kalau di sekolah di sini karena ditangani dengan guru-guru yang sudah PNS," tandasnya.