Performa Menjanjikan, VIVA Group Makin Serius Garap Bisnis Digital

Performa Menjanjikan, VIVA Group Makin Serius Garap Bisnis Digital
Performa Menjanjikan, VIVA Group Makin Serius Garap Bisnis Digital (Foto : Istimewa)

Antv – PT Visi Media Asia Tbk. (IDX: VIVA) telah melakukan sejumlah strategi bisnis menghadapi tantangan persaingan media di sepanjang tahun 2023, baik dari sisi media penyiaran maupun media digital.

Penetrasi internet yang terus meningkat menjadikan media digital sebagai salah satu pilihan bagi pengiklan untuk mengampanyekan produknya, yang ditandai dengan peningkatan pertumbuhan belanja iklan digital.

Peluang ini mendorong VIVA Group terus memperkuat bisnis digitalnya yang ditargetkan dapat menjadi sumber pemasukan utama di samping bisnis TV FTA melalui ANTV dan tvOne.

Sebagai langkah strategis untuk mengelola lini bisnis yang lebih efektif dan efisien serta mencapai hasil yang optimal, Perseroan mensinergikan seluruh bisnis digital publisher VIVA Group dalam satu koordinasi operasional.

Selain itu, VIVA juga akan mengembangkan bisnis baru dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

“Beberapa langkah di antaranya yaitu menginkubasi penyedia teknologi digital untuk produksi konten, manajemen asset media, menayangkan konten digital, dan data analytics. Serta menginkubasi divisi talent menjadi media buying agency untuk iklan berbasis influencer,” ungkap Managing Director VIVA Arief Yahya dalam Public Expose VIVA dan PT Intermedia Capital Tbk. (IDX: MDIA) di Jakarta, Kamis (20/7/2023).  

Secara keseluruhan pada tahun 2022, aset digital di bawah naungan VIVA Group menunjukkan pertumbuhan signifikan dari sisi jumlah pageviews dibanding tahun 2021.

Memanfaatkan kekuatan brand, pertumbuhan bisnis digital tvOne ditopang oleh portal berita tvonenews.com yang terus diperkuat dengan pilihan konten dan gaya jurnalisme yang bisa diterima kalangan muda.

Selama tahun 2022, tvonenews.com mencatatkan lonjakan pageviews hingga 840% atau rata-rata 31,2 juta pageviews per bulan dari tahun sebelumnya 3,3 juta. Peningkatan produksi artikel berita berkolaborasi dengan beberapa mitra menjadi kunci keberhasilan tvonenews.com.

Portal digital tvOne tersebut telah membangun 8 kanal daerah di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Pulau Sumatera dan Sulawesi.