Prakiraan Cuaca, BMKG: Waspada Hujan Petir di Pekanbaru, Sementara Jakarta dan Kota Lain Berawan

Prakiraan Cuaca, BMKG: Waspada Hujan Petir  di Pekanbaru
Prakiraan Cuaca, BMKG: Waspada Hujan Petir di Pekanbaru (Foto : Ilustrasi - Pixabay)

AntvBMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) telah merilis prakiraan cuaca untuk sejumlah kota besar di wilayah Indonesia, berlaku untuk hari ini, Rabu (12/7/2023).

Marlina Nababan, seorang prakirawan BMKG, memberikan informasi menarik terkait kondisi cuaca di berbagai wilayah Indonesia, yang diperkirakan bakal terjadi hari ini, Rabu (12/7/2023).

Wilayah Sumatra, dengan kota-kota seperti Palembang dan Jambi, diprakirakan akan mengalami kabut.

Sementara itu, Banda Aceh, Padang, dan Pangkal Pinang diprakirakan akan disapa oleh hujan ringan.

Tanjung Pinang dan Bengkulu, di sisi lain, akan mengalami hujan dengan intensitas sedang. Namun, Medan dan Bandar Lampung harus bersiap menghadapi hujan deras yang mengguyur kota-kota ini.

Pekanbaru menjadi perhatian khusus, karena diperkirakan akan mengalami hujan disertai petir.

Fenomena ini menambahkan kesan dramatis pada suasana kota, menciptakan cahaya kilat yang menggambarkan kekuatan alam.

"Waspada hujan disertai petir yang diprakirakan terdapat di kota Pekanbaru," ucapnya.

Bergerak ke wilayah Jawa, cuaca umumnya akan berawan. Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya dipenuhi awan yang memberikan nuansa yang lembut.

Tetapi, jangan khawatir, di Serang, akan disambut dengan hujan ringan yang memberikan kesegaran dalam rutinitas sehari-hari.

"Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terdapat di kota Serang," ujar Marlina.

Di Kalimantan, hujan ringan diperkirakan akan turun di beberapa kota seperti Pontianak, Palangkaraya, dan Samarinda. Kota Banjarmasin, sementara itu, akan diselimuti awan. Sementara di Tanjung Selor, dierkirakan akan turun kabut.

Wilayah Sulawesi juga tidak ketinggalan dengan prakiraan cuaca menarik. Makassar, Palu, Mamuju, dan Kendari akan mengalami hujan ringan

Kota-kota itu yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

"Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terdapat di kota Serang," ujar Marlina.

Di Kalimantan, ia memprakirakan sejumlah kotanya hujan dengan intensita ringan. Kota-kota itu antara lain, Pontianak, Palangkaraya, dan Samarinda.

Selain itu, cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Banjarmasin. Selanjutnya, cuaca berkabut diprakirakan terdapat di kota Tanjung Selor.

Selanjutnya, di wilayah Sulawesi, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan mengguyur kota Makassar, Palu, Mamuju, dan Kendari.

"Perlu diwaspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terdapat di kota Gorontalo dan Manado," ucapnya.

Beralih ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Marlina memprakirakan cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Denpasar. Sedangkan cuaca cerah berawan diprakirakan terdapat di kota Kupang. "Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terdapat di kota Mataram," ujarnya.

Di wilayah Indonesia Timur, hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur kota Manokwari. Sedangkan hujan dengan sedang diprakirakan terjadi di kota Ternate.

Selain itu, hujan disertai petir diprakirakan terdapat di kota Ambon. Kemudian, cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Ambon.