Jalan Provinsi di Habornas Rusak, Forpemas Habornas Minta Perhatian Presiden Jokowi

Jalan Rusak, Forpemas Habornas Minta Perhatian Presiden Jokowi
Jalan Rusak, Forpemas Habornas Minta Perhatian Presiden Jokowi (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Forum Perjuangan Masyarakat Habornas, dikenal dengan Forpemas Habornas, Toba, Sumatera Utara mengeluhkan kondisi jalan provinsi yang berada di Kabupaten Toba khususnya daerah Habinsaran, Borbor, Nassau (Habornas).

"Habornas terletak di daerah terpencil, di pegunungan jauh dari jangkauan pemerintah daerah KabupatenToba, dan Pemerintah Sumut, sehingga selalu tertinggal dalam segala hal, dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Kab. Toba. Padahal daerahnya sangat subur dan dari segi luas wilayah, Habornas adalah 45 persen dari luas Kabupaten Toba," jelas Ketua Forpemas Habornas Parasman Pasaribu, Kamis (6/7/2023).

Salah satu yang sangat tertinggal, yang membuat masyarakat menderita dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Habornas adalah kerusakan jalan provinsi yang sudah berlangsung puluhan tahun, dan tidak pernah mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Dari panjang jalan provinsi yaitu 143 Km, di Habornas, 80 Km atau 55 persen mengalami kerusakan yang sangat parah.



"Sebagian jalan provinsi ini sama sekali belum pernah diaspal, dan sekarang penampakannya menjadi seperti jalan offroad, berlobang, terbelah lebih parah dari sekedar kubangan kerbau. Saat ini adalah puncak kerusakan yang paling parah, setelah puluhan tahun," katanya.