Perpusnas RI Gelar Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS)
program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) (Foto : Ghofur)

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia bersama pada Rabu (21-06-2023) menggelar kegiatan bertajuk Stakeholder Meeting (SHM) Nasional Tahun 2023.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut antara lain untuk mensukseskan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang mana telah dimulai sejak tahun 2018 lalu.

Adapun tujuan diselenggarakanya acara tersebut ialah untuk memperluas kegiatan TPBIS ke 450 Desa di 136 Kota yang tersebar di 34 Provinsi.

Hal tersebut merupakan sebuah keharusan sebagaimana yang telah diatur oleh Undang-Undang Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah, dimana Perpustakaan sendiri ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar yang harus menyediakan layanan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat.

Untuk itu dengan hadirnya SHM mampu memberikan memberikan ilmu pengetahuan ataupun bekal kepada para pesertanya.

"kami telah melaunching program ini sebagai suatu blueprint sejak 2016 yaitu transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini adalah lawan daripada eksklusif. Jadi tidak relevan lagi perpustakaan itu menjadi tempat hanya orang-orang yang beruntung masuk di perguruan tinggi tapi ya kita paradigma nya 10% memanage collection 20% manage knowledge dan 70% transfer knowledge." Ujar Muhammad Syarif Bando selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI