Jelang Idul Adha 1444 Hijriyah, Peternak dan Salon Hewan Qurban Laris Manis

Jelang Idul Adha, Peternak dan Salon Hewan Qurban Laris Manis
Jelang Idul Adha, Peternak dan Salon Hewan Qurban Laris Manis (Foto : antvklik-Aries Batara)

Antv – Berbagai cara dilakukan para peternak dan pedagang hewan qurban, untuk mendapatkan keuntungan, menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Seperti peternak sapi di Desa Wagir kidul, Kecamatan Pulung Ponorogo, misalnya, mereka terus berupaya menjaga kualitas sapi qurban yang mereka jual.

Mereka rutin memberikan suplemen dan jamu berupa gula merah untuk sapi, guna meningkat stamina dan menjaga kondisi hewan qurban.

Menurut Ribut Rianto dan Danang Saputro, peternak sekaligus pemilik show room hewan qurban menjelaskan, kebersihan kandang serta memberikan perawatan khusus untuk puluhan ekor sapi jenis Brahman dan sapi Jawa yang mereka jual merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan hewan qurban.

Tidak hanya menjaga kebersihan kandang, para peternak juga memberikan perawatan ekstra kepada sapi-sapi dagangan mereka, seperti pijatan terapi untuk merangsang serta memberikan obat dan suntikan suplemen guna meningkatkan nafsu makan sapi.

"Kami sengaja memperlakuan khusus setiap hewan qurban yang dibeli dari kami atau hanya sekedar dititipkan jelang Idul Adha, sapi yang baru dibeli dari warga diberikan vitamin dan obat cacing terlebih dahulu, karena biasanya sapi-sapi dari petani belum mendapatkan perawatan yang baik," terang Danang Saputro, tenaga kesehatan hewan perternakan.

Dengan perlakuan khusus tersebut, hewan menjadi sehat dan lebih gemuk sehingga banyak pembeli yang terkejut dengan kondisi sapi mereka karena tambah sehat dan gumuk, beda dengan saat awal beli dari warga.

Sementara itu hal yang sama diungkapkan Ribut Riyanto, perawatan yang diberikan show room hewan qurban warungbung bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen, karena sapi yang dibeli dan dititipkan dirawat dan dijaga kesehatannya.

Di peternakan ini juga memberikan pelayanan salon hewan qurban dan pengecekan kesehatan sapi qurban dengan tenaga tenaga kesehatan hewan bersertifikat.

"Kita sediakan tenaga kesehatan hewan dan sejumlah sapi sapi qurban dengan kondisi sehat dan dengan harga terjangkau," ujar Ribut Riyanto

Saat ini ada 12 ekor sapi yang sudah dibeli dan di titipkan di kandang, mayoritas pembeli berasal dari Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.