Latihan Operasi Informasi 2023 Meningkatkan Efektifitas Kemampuan Tempur TNI AU

Latihan Operasi Informasi 2023 Tingkatkan Efektifitas Kemampuan Tempur
Latihan Operasi Informasi 2023 Tingkatkan Efektifitas Kemampuan Tempur (Foto : Dok. Dinas Penerangan (Dispen) TNI AU)

Antv – Komandan Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., MM, mengatakan penyelenggaraan Latihan Operasi Informasi (Latopsinfo) TNI AU TA 2023,  menjadi media strategis untuk meningkatkan efektifitas kemampuan tempur TNI AU.

Selain itu, latihan juga merupakan perwujudan pembinaan kekuatan dan kemampuan yang tangguh dalam mencapai keunggulan informasi dan terjaganya keamanan serta efektivitas sistem informasi dari ancaman dan gangguan lawan guna mendukung tugas Kogasudgab.

Hal tersebut disampaikan Dankodiklatau pada Upacara Penutupan Latopsinfo AU TA. 2023 di Gedung  Pramanasala,  Kampus Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (9/6/2023).

Dankodiklatau, yang sekaligus bertindak sebagai Pemimpin Umum Latihan (Pimumlat) menegaskan,  TNI AU sebagai bagian integral 4 komponen pertahanan negara, dituntut mampu mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat dan dinamis.

Latopsinfo TA 2023  mengangkat  tema “Satgas Informasi Melaksanakan Operasi Informasi pada OMP dan OMSP di Mandala Operasi Perairan Natuna Utara, Perairan Selatan Selat Bali dan Wilayah Papua dalam rangka Mendukung Tugas Kogasudgab.

img_title
Latihan Operasi Informasi 2023 Tingkatkan Efektifitas Kemampuan Tempur. (Foto: Dok. Dinas Penerangan (Dispen) TNI AU)

Dengan berakhirnya latihan, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan unsur-unsur satuan yang terlibat, baik dari Koopsud I, II, dan III dalam menyusun rencana dan melaksanakan operasi informasi pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sehingga kelak menjadi bekal dalam penugasan selanjutnya.