Tragis, 3 Remaja Tewas Tenggelam saat Bermain di Curug Barong Bersama 2 Temannya

Tragis, 5 Remaja Tenggelam di Curug Barong, 3 Orang Tewas
Tragis, 5 Remaja Tenggelam di Curug Barong, 3 Orang Tewas (Foto : antvklik-Edi Topan)

AntvTragis, 5 remaja yang sedang bermain dan mandi di Curug Barong, Desa Simpur, Kecamatan Belok, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, tenggelam, 3 remaja ditemukan tewas.

Jasad tiga remaja tenggelam di Curug Barong Desa Simpur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan, Sabtu (10/6/2023).

Tiga remaja naas itu adalah Mahmud Handoyo (15) tahun, Abnan Faisal (15) tahun dan Rian Danu Safarel (15) tahun. Ketiganya warga Dusun Kuta Kidul, RT 20/04, Desa Kuta, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

Menurut keterangan Sekretaris Desa Simpur, Puji mengatakan bahwa, kelima remaja ini sebelum mandi sudah diperingatkan oleh warga, namun kelima tetap nekat mandi.

"Kelima remaja ini datang ke Curug. Sebelumnya mampir dulu di warung dekat Curug. Oleh pemilik warung sudah memperingatkan untuk tidak mandi di Curug. Tapi kelima sudah mandi di Curug," kata Puji.

Kondisi Curug pada saat kejadian arus nya tidak terlalu deras karena debit air sedikit.

"Baru beberapa hari ini hujan gerimis. Kalau tidak salah kedalaman Curug nya sekitar empat meter," lanjutnya.

Menurut keterangan dari remaja yang selamat mengatakan bahwa yang pertama terseret arus adalah Abnan Faisal.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan kronologi bahwa kejadian tenggelam kelima remaja ini pada Sabtu (10/06/2023) sekitar pukul 10.45 WIB.

"Awalnya 3 orang remaja mandi dan berenang bersama di Curug Barong Desa Simpur.  Kemudian 1 orang hanyut terbawa arus dan 2 orang remaja lainnya berusaha menolong. Namun keduanya ikut terbawa arus akhirnya 3 orang remaja tewas tenggelam," kata Heru Suhartanto.

Untuk mencari keberadaan 3 remaja yang tenggelam tadi, Tim SAR gabungan melakukan operasi SAR dengan metode susur sungai.

"Sekitar pukul 16.30 WIB, Tim SAR gabungan berhasil menemukan Abnan Faisal. 30 menit kemudian tim SAR gabungan berhasil menemukan Rian Danu Safarel dan Mahmud Handoyo ditemukan sekitar pukul 17.30 WIB. ke 3 remaja ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Selanjutnya jenazah dibawa ke rumah duka," ungkapnya.

"Kami menghimbau agar pada saat beraktivitas di sungai untuk lebih hati-hati jaga keselamatan," tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Belik AKP Zaenudin mengatakan ada laporan orang tenggelam di Curug Barong, Desa Simpur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

"Petugas kami segera mendatangi ke lokasi kejadian perkara dan menghubungi pihak BPBD Kabupaten Pemalang dan Tim SAR. Jasad ketiga remaja akhirnya bisa ditemukan dan kita evakuasi. Sementara itu dari pihak keluarga korban meminta langsung dibawa ke rumah duka dan pihak medis akan memeriksa korban di rumah duka," kata AKP Zaenudin.