Heboh Penampakan Kobaran Api Menyembur dari Sumur Rest Area KM 86 A Tol Cipali

Kobaran Api Menyembur dari Sumur Rest Area KM 86 A Tol Cipali
Kobaran Api Menyembur dari Sumur Rest Area KM 86 A Tol Cipali (Foto : Dok. BPBD Subang)

Antv – Bikin heboh, semburan api yang keluar dari dalam tanah di rest area KM 86 Tol Cipali, Rabu (26/4/2023), yang dipastikan bukan berasal dari semburan pipa milik Pertamina.

Kepastian asal semburan api itu didasarkan dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh berbagai pihak.

Kabid Kedaruratan BPBD Subang, Komara Nugraha menyampaikan, api itu berasal dari sumur yang berada di rest area.

Keterangan sementara, sebelumnya pihak pengelola Tol Cipali yang hendak meningkatkan kapasitas kebutuhan air bersih di Rest Area KM 86 B Tol Cipali sejak 10 April 2023 lalu.

"Kronologinya adalah dari pihak Rest Area 86 akan meningkatkan kapasitas kebutuhan air bersih di Rest Area 86, oleh karena itu sumur yang ada dilakukan maintenance diantaranya adalah mengganti pipa dan mesin bor dengan kapasitas yang lebih tinggi ini sudah dilakukan 10 April tahun 2023," ungkap Komara, Rabu (26/4/2023).

Sumur tersebut oleh pengelola rest area tengah dilakukan perbaikan, untuk peningkatan kapasitas air.

"Saat ini tim masih berusaha, untuk mencari tahu penyebab pasti, mengapa keluar api dari dalam tanah, dan mengapa hingga saat ini api masih berkobar. Ketinggian api mencapai 7 hingga 8 meter," kata Komara Nugraha.

Komara juga menyampaikan, pengelola rest area akan mengganti beberapa pipa. Serta mengganti mesin bor dengan kapasitas yang lebih tinggi.

"Pekerjaan itu dilakukan sejak 10 April 2023. Mesin pompa sudah terpasang di kedalaman 40 meter. Sedangkan kedalaman sumur sendiri, diperkirakan kurang lebih 100 meter," ujarnya.

Sementara itu, tim sudah menyampaikan kejadian semburan api ini, ke Badan Penanggulan Bencana Nasional (BNPB).

"Tim juga sudah melaporkan kejadian ini kepada BNPB," tandas Komara.