33 Ribu Kendaraan Pemudik Melintas Jalur Gentong Tasikmalaya, Polisi Dua Kali Terapkan One Way

33 Ribu Kendaraan Pemudik Melintas Jalur Gentong Tasikmalaya
33 Ribu Kendaraan Pemudik Melintas Jalur Gentong Tasikmalaya (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Arus mudik di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terpantau ramai lancar pada, Kamis (20/04/2023) malam, meski terjadi kenaikan volume kendaraan pemudik yang melintas ke Jalur Gentong, sebanyak 8,34 persen dibanding, Rabu (19/04/2023).

Kapospam Terpadu Letter U Jalur Gentong, Ipda Pujiyono mengatakan, kenaikan volume kendaraan yang signifikan ini terjadi sejak siang hari tadi dimana kendaraan pemudik yang datang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya terus bertambah.

"Arus yang melalui Jalur Gentong dari arah Bandung menuju ke Tasikmalaya dalam keadaan lancar. Ada kenaikan yang signifikan pada siang hari," kata Kapospam Terpadu Letter U Jalur Gentong, Ipda Pujiyono, Kamis malam (20/04/2023).

Menurut Pujiyono, pihaknya telah melakukan rekaysa arus lalu lintas berupa one way atau sistem buka tutup sebanyak dua kali.

One way dilakukan guna menguras kemacetan yang terjadi di Jalur Gentong Bawah hingga Wilayah Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

"Dilakukan CB penarikan di wilayah Sukamantri. kita laksanakan one way dua kali, pukul 14.00 WIB sampai 15.00 WIB dan pukul 16.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB," ucap Pujiyono.

Dari data pihaknya, sebanyak 33.177 kendaraan pemudik dari arah Bandung menuju Tasikmalaya sudah melintas ke Jalur Gentong.

Angka itu naik 8,34 persen dibanding hari kemarin yang hanya berjumlah 30.410 kendaraan saja yang melintas.

"Hari ini ada kenaikan dibandingkan dengan hari kemarin. kenaikan sekitar 8,34 persen," pungkas Pujiyono.

Pantauan di lokasi, Jalur Gentong Tasikmalaya diguyur hujan deras sejak sore tadi. Petugas kepolisian pun mengimbau para pemudik agar selalu waspada dan berhati - hati, mengingat di sepanjang Jalur Gentong ini banyak tanjakan dan turunan serta tikungan yang berkelok.