H-3 Lebaran, Tol Trans Jawa Akan Diberlakukan Sistem Satu Arah

H-3 Lebaran, Tol Trans Jawa Akan Diberlakukan Sistem Satu Arah
H-3 Lebaran, Tol Trans Jawa Akan Diberlakukan Sistem Satu Arah (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Polda Jawa Tengah merencenakan sistem satu arah (One Way) di jalur tol Trans Jawa, untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang rencananya akan dilaksanakan H-3 Lebaran 2023.

"Mulai pukul 14.00 dimulai sistem satu arah. Nantinya, One Way mulai dari Jakarta hingga Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah," kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam keterangannya, Senin (17/04/2023).

Menurut Irjen Pol Ahmad Luthfi, pada H-3 lebaran itu, petugas kepolisian sudah disiagakan untuk melakukan pengamanan.

Lebih lanjut Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, seluruh pengemban fungsi lalu lintas sudah melatih cara bertindak yang harus dilakukan saat pemberlakuan sistem satu arah itu.

Menurut Irjen Pol Ahmad Luthfi, dua jam sebelum diberlakukan one way akan dilakukan pembersihan jalur mulai dari Semarang hingga Brebes.

"Kendaraan yang masih berada di jalur yang digunakan untuk one way akan dikeluarkan mulai dari Krapyak hingga Brebes," katanya.

Selain itu, upaya preventif atau pencegahan juga disiapkan untuk masyarakat yang melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor.

"Kita lakukan cek point bagi masyarakat yang mudik pakai motor. Cek point ini kita siapkan di jalur Pantura hingga pintu masuk Brebes," ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo meminta masyarakat untuk tidak menggunakan motor saat melakukan perjalanan jauh, seperti mudik nanti.

"Dari hasil pantauan masih banyak pemudik yang nekat mengendarai roda dua," kata Agus.

Namun, Agus memastikan para pemudik yang menggunakan sepeda motor tetap aman sampai tujuan.

“Para pemudik nantinya akan mendapatkan pengawalan dari kepolisian agar selamat sampai tujuan,” tandasnya.