Ngabuburit Unik, Gerakan Jalan Lurus Berbagi Takjil di Malioboro dan Titik Nol

Ngabuburit Unik, Gerakan Jalan Lurus Berbagi Takjil di Malioboro
Ngabuburit Unik, Gerakan Jalan Lurus Berbagi Takjil di Malioboro (Foto : antvklik-Nuryanto)

Antv – Ngabuburit bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk berbagi untuk sesama dengan cara unik, seperti yang dilakukan komunitas dan organisasi masyarakat Gerakan Jalan Lurus (GJL) Yogyakarta.

Mereka menggelar kegiatan ngabuburit unik dengan berbagi takjil di sepanjang kawasan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Menurut Ketua GJL, Riyanta SH yang juga anggota Komisi III DPR RI, Gerakan Jalan Lurus (GJL) ini terdiri dari berbagai lintas agama, dan berbagai latar belakang.

Gerakan Jalan Lurus (GJL) ingin membawa pesan damai dari Yogyakarta untuk Indonesia dengan mengajak masyarakat ke jalan yang lurus.

"Kita mengingatkan kepada masyarakat luas bahwa momentum Ramadhan bisa dijadikan ladang amal. Ya misal dengan berbagi takjil untuk berbuka. Hal yang sederhana namun bisa berarti untuk sesama, seperti yang kita lakukan di kawasan Malioboro dan Titik Nol Kilometer ini. Disamping itu, GJL ingin mengajak masyarakat untuk selalu kembali ke jalan yang lurus. Kembali mengikuti norma norma sosial, aturan yang ada serta jalan agama," jelasnya, Kamis (30/3/2023).

Riyanta mengungkapkan selain berbagi takjil Gerakan Jalan Lurus juga menyampaikan pesan dan berdialog langsung dengan masyarakat. Mulai tukang becak, driver online, pengguna jalan hingga wisatawan.

Dialog tersebut sekaligus mengingatkan kembali bahwa Yogyakarta yang dikenal sebagai kota wisata, pelajar sekaligus miniatur Indonesia harus selalu menjadi tanah yang damai yang bisa menjaga kerukunan antar warga. Termasuk kedamaian berbagai komunitas dan elemen yang ada di Kota Yogyakarta.