Saiful Mujani: Pemilih Non-Muslim Cenderung Ke Ganjar, Pemilih Muslim Terdistribusi Semua Capres

Saiful Mujani: Pemilih Non-Muslim Cenderung Ke Ganjar
Saiful Mujani: Pemilih Non-Muslim Cenderung Ke Ganjar (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Pakar Ilmu Politik, Prof Saiful Mujani mengungkapkan suara non-muslim cenderung dominan ke Ganjar Pranowo. Sedangkan suara pemilih Muslim terdistribusi pada semua calon presiden. 

Kesimpulan itu disampikan dalam ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Kartu SARA di Pilpres 2024”, Kamis (9/3/2023).

Saiful mengungkapkan hasil survei SMRC pada Desember 2022 terdapat warga yang mengaku Muslim sebanyak 87,5 persen, selain Islam sebesar 12,5 persen. 

Saiful melihat ditribusi suara pemilih Muslim relatif merata di semua calon, perbedaannya tidak begitu banyak. 

Yang kurang menyebar merata justru dari pemilih selain orang Islam. Dari 12,5 persen pemilih yang beragama non-Islam, 43 persen memilih Ganjar, 17 persen Anies, dan 16 persen Prabowo. Masih ada 24 persen yang belum menentukan pilihan.

Sedangkan dari 87,5 persen yang beragama Islam, 34 persen di antaranya memilih Ganjar, 29 persen Anies Bawedan, dan 27 persen Prabowo Subianto. Ada 10 persen yang belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut Saiful menjelaskan mengapa faktor Islam nampak tidak memiliki efek yang begitu kuat karena ketiga tokoh ini beragama Islam.