Pesawat Soyuz MS-23 telah berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Pesawat Soyux MS-23 Berlabuh di Stasiun Antariksa Poisk
Pesawat Soyux MS-23 Berlabuh di Stasiun Antariksa Poisk (Foto : Reuters)

Antv – Pesawat antariksa nirawak Soyuz MS-23 Roscosmos Rusia tengah menjalani misi untuk membawa kembali dua kosmonot Rusia dan seorang astronot Amerika Serikat yang tertunda kembali ke bumi telah berlabuh dengan sukses di Stasiun Luar Angkasa Internasional Poisk yang dilaporkan tengah berada pada orbit diatas Mongolia.

Mereka adalah Kosmonot Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin asal Rusia, dan Fransisco Rubio Astronot Amerika Serikat pada Minggu dini hari 26 Februari 2023.

img_title
Peluncuran Pesawat Antariksa Nirawak Soyuz MS-23. (Foto: NASA)

Dilansir dari Reuters, Soyuz MS-23 diluncurkan dari Pelabuhan Antariksa Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Jumat 24 Februari 2023 untuk menggantikan pesawat antariksa Soyuz MS-22 yang mengalami kerusakan pada sistem pendingin kapsul pesawat yang dilaporkan bocor sekira dua bulan lalu. 

Oleh karena kerusakan itu, Sergey, Dmitry dan Fransisco memutuskan untuk bertahan menunggu pertolongan di Stasiun Luar Angkasa Poisk pada September 2022. Padahal, ketiganya telah mengakhiri misi luar angkasanya pada bulan Maret 2022 silam. 

Sementara itu, pesawat Antariksa Soyuz MS-22 yang mengalami kerusakan direncanakan akan kembali ke bumi tanpa awak bulan depan.