Unik, 5 Pasangan Menikah Massal dengan Mahar Sate Winong

Unik, 5 Pasangan Menikah Massal dengan Mahar Sate Winong
Unik, 5 Pasangan Menikah Massal dengan Mahar Sate Winong (Foto : antvklik-Eddy Suryana)

Antv – Berbagai cara dilakukan oleh warga nahdliyin untuk memperingati satu abad berdirinya organisasi keagamaan terbesar di dunia, Nahdatul Ulama  atau NU. 

Salah satu yang unik adalah, acara yang digelar oleh Pondok Pesantren Salaf API (Asrama Pendidikan Islam) Winong, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yaitu 'Nikah Bareng Unik', Rabu (22/02/2023).

Acara nikah bersama tersebut digagas oleh Fortais (Forum Taaruf Indonesia) Sewon, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY bekerja sama dengan Ponpes API, MWC NU Kemiri dan PAC GP Anshor Kemiri dan Laziznu. Sebanyak lima pasang calon pengantin mengikuti prosesi ini.

Lima pasangan itu adalah Aziz Mu'alif (22) menikah dengan Dwi Etika (22), Aris Nurfauzi (28) dan Imroatul Hasanah (23), Ahmad Afik (24) dan Umi Syafiqoh (19), Ardiyanu (24) dan Lis Sururoh (21) serta Parianto Kurniawan (25) dengan Koriah (23)

Saat ditemui tim tvonenews.com Ryan menjelaskan bahwa, Keunikan prosesi nikah bersama ini adalah, maharnya berupa satu tusuk sate kambing khas Winong yang menjadi ikon sate Purworejo.

Selain itu, para mempelai menikah di dekat rombong (pikulan) sate, sedangkan dekorasi tempat mempelai terbuat dari besek (wadah terbuat dari bilah bambu) yang merupakan usaha UMKM yang dibuat oleh warga Ponpes API.

"Pondok Pesantren API ini kan termasuk salah satu penggiat UMKM. Kami ingin UMKM ini berjaya pasca pandemi Covid-19. Kami menggunakan sentra yang ada di sini, salah satunya adalah kerajinan besek yang akan menjadi latar pelaminan. Kemudian juga ada sate (kambing) Winong yang tidak ada duanya akan menjadi mahar yang unik dan prosesinya juga unik," kata Ketua Panitia Niakh Bareng Unik, Ryan Budi Nuryanto.