Masjid Raya Al-Bakrie Bandar Lampung Memiliki Filosofi Islam dan Kebudayaan Lampung

Masjid Raya Al-Bakrie Memiliki Filosofi Islam dan Kebudayaan Lampung
Masjid Raya Al-Bakrie Memiliki Filosofi Islam dan Kebudayaan Lampung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Pembangunan Masjid Raya Al Bakrie Lampung, yang berada di Kecamatan Enggal, Kota Bandar Lampung, resmi dilakukan setelah dilakukan penandatangan prasasti dan peletakan batu pertama oleh Aburizal Bakrie dari Bakrie Group, dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi pada Senin (20/2/2023).

Masjid Raya Al Bakrie dibangun di atas lahan 2,3 hektar meliputi GOR Saburai dan Taman Gajah. Diperkirakan, Masjid itu bisa menampung 12 ribu jemaah dan akan menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan terbesar di Lampung.

Adapun konsep bangunan Masjid Raya Al-Bakrie ini mempresentasikan beberapa filosofi Islam dan Kebudayaan Lampung, yakni filosofi islam ummah, filosofi islam ukhuwah, filosofi tauhid dan filosofi local wisdom Lampung.

Filosofi islam ummah diterjemahkan dalam bangunan, berbentuk menyediakan ruang yang bersifat universal yang dapat digunakan umat Islam dari seluruh lapisan masyarakat.

img_title
Teras Masjid. (Foto: antvklik-Pujiansyah)

Filosofi islam ukhuwah diterjemahkan dalam bangunan berbentuk geometri sederhana pada fasade bangunan yang melengkung dan berulang. Geometri lengkung tersebut merupakan turunan persepsi atas lekukan Siger yang menjadi simbol penting bagi masyarakat Lampung.

Kemudian, filosofi tauhid diterjemahkan dalam bangunan berbentuk susunan massa bangunan yang meningkat dan meninggi mengarah ke kiblat. Untuk menegaskan keutamaan Allah SWT pada semua kegiatan umat islam yang dilakukan sehari-hari, minaret dilaksanakan di area sisi arah kiblat.