Berikut Peran Penghubung Bupati Mamberamo Tengah yang Ikut Ditangkap

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham dibawa ke gedung KPK Jakarta.
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham dibawa ke gedung KPK Jakarta. (Foto : Viva)

AntvKPK juga telah menangkap penghubung Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak yang sudah buron selama 7 bulan. Peran penghubung sebagai jembatan komunikasi antara Ricky Ham Pagawak di tempat persembunyian dengan pihak keluarga di rumah.

"Komunikasi dari tempat persembunyian ke rumah yang bersangkutan melalui penghubung," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, Senin, 20 Februari 2023.

Ghufron menerangkan, Ricky Ham menggunakan penghubung saat kembali ke Indonesia dan bersembunyi di rumah persembunyian. Selama ini, Ricky Ham kabur ke Papua Nugini saat hendak ditangkap KPK.

Saat mengetahui Ricky Ham menggunakan penghubung, KPK menerjunkan tim untuk membuntutinya.

"Pada tanggal 17 Februari kami memberangkatkan tim untuk membuntuti dan selanjutnya menangkap penghubung tersebut," jelas Ghufron.

Diberitakan Viva.co.id, dari penangkapan terhadap penghubung itu, tim KPK kemudian berhasil menemukan keberadaan Ricky Ham Pagawak. KPK lantas meringkusnya dan membawa ke markas antirasuah di Jakarta.

"Dari penghubung tersebut selanjutnya kami mendapat infomasi persembunyian RHP sehingga kemarin kami dapat menangkap RHP," kata Ghufron.