Laporan Tahunan, LSF Lakukan Sensor Terhadap Tayangan 19 Televisi di Indonesia

Konferensi Pers Laporan Tahunan Lembaga Sensor Film Tahun 2022
Konferensi Pers Laporan Tahunan Lembaga Sensor Film Tahun 2022 (Foto : )

Antv –Sepanjang 2022, Lembaga Sensor Film menempatkan posisi sebagai lembaga negara independen yang menjalankan beberapa peran lintas sektor, tidak hanya bersinggungan dengan dunia perfilman melalui tugas penyensoran, LSF juga membangun kolaborasi dan literasi secara masif.

Berdasarkan catatan LSF pada aplikasi data berbasis elektronik E-Siast, total jumlah materi sensor yang telah didaftarkan ke LSF mencapai 36514  judul 

Khusus film bioskop, LSF menyensor 179 judul film impor dan 99  judul film nasional.

LSF tidak hanya melakukan penyensoran terhadap film baru, lembaga sensor film ini juga penyensoran ulang (recensor) dilakukan untuk penetapan penggolongan usia penonton atas materi film dan iklan film yang telah lulus sensor. 

Setidaknya dalam periode Januari hingga Desember 2022 setidaknya ada 80  film dan iklan film yang dilakukan penyensoran ulang,  hal ini meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya.

Tak hanya dari sektor film, LSF  juga melakukan pemantauan terhadap program televisi. Ada sekitar 19.861 dari sembilan belas televisi di Indonesia.

Dengan adanya peningkatan jumlah penyensoran film maupun film iklan, hal ini diharapkan  dapat meningkatkan mutu tayangan yang bermanfaat bagi masyarakat.