Kapolri Sampaikan Belasungkawa Atas Tewasnya 2 Orang di PT GNI Sulteng

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto : Istimewa)

AntvKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sampaikan duka cita atas tewasnya dua pekerja dalam kerusuhan di PT Gunbuster Nickle Industry (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu, 14 Januari 2023.

"Kami dari pihak kepolisian menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga korban terkait dengan peristiwa bentrok yang terjadi," kata Sigit di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 16 Januari 2023.

Menurut dia, saat ini sudah ada 71 orang yang telah diamankan dalam kerusuhan tersebut. Sedangkan, belasan orang ditetapkan sebagai tersangka untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"17 orang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini, personel keamanan baik TNI dan Polri telah diturunkan kurang lebih 548 orang. Akan kita tambah lagi dengan 2 SSK Brimob dari pusat," ujarnya.

Seperti ditulis Viva.co.id, diketahui sekitar 500 orang karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT. GNI melakukan akai unjuk rasa pada Sabtu, 14 Januari 2023 sekitar pukul 06.00 Wita.

Diduga, aksi dipicu karena tidak adanya kesepakatan dalam pertemuan di Kantor Disnakertrans Morowali Utara, antara SPN dengan Disnakertrans Kabupaten Morowali Utara dan pihak perusahaan PT GNI maupun PT SEI pada Jumat, 13 Januari 2023.

Awalnya, kerusuhan terjadi di area jalan masuk Pos 4 PT GNI karena aksi anarkis oleh 500 karyawan. Massa melempar serta merusak fasilitas areal jalan masuk Pos 4 PT GNI. Pemicunya, diduga pihak sekuriti melakukan penghalangan jalan masuk pos 4.