Mengenaskan, Bayi Berjenis Kelamin Laki-Laki Dibuang di Semak-Semak

Mengenaskan, Bayi Berjenis Kelamin Laki-Laki Dibuang di Semak-Semak
Mengenaskan, Bayi Berjenis Kelamin Laki-Laki Dibuang di Semak-Semak (Foto : antvklik-Didiet Cordiaz)

Antv – Warga digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki di semak-semak samping lapak penjual durian di Jalan Gunungpati-Boja, Kelurahan Polaman, Kecamatan Mijen Kota Semarang pada Selasa (3/1/2023), sekitar pukul 10.24 WIB lalu. 

Atas kejadian ini, kepolisian melakukan penyelidikan karena ada unsur tindak pidana. Kapolsek Mijen, Kompol Kholid Mawardi mengatakan, selain melakukan pemeriksaan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Puskesmas Karangmalang dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang. 

Selain mengungkap kasus, pihaknya juga memastikan kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki ini dalam kondisi sehat. “Kami melakukan penyelidikan dari tempat tersebut karena terjadi suatu tindak pidana ditemukannya bayi laki-laki entah itu penelantaran ataupun posisi orang tua yang mungkin meletakan bayi disitu dengan maksud dan tujuan apa kita belum tahu tapi semua ini masih kita lakukan proses pengungkapan,” ujar Kholid di lokasi temuan bayi, Kamis (5/1/2022). 

Kholid menjelaskan, kasus ini bermula ketika pihaknya mendapat informasi adanya penemuan bayi yang tertutup semak-semak di pinggir jalan. Setelah mendapat informasi itu, pihaknya langsung turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan. 

Setelah tiba di lokasi, kemudian bayi itu sudah mendapat perawatan medis oleh Tim Medis dari Puskesmas Karangmalang dibantu oleh warga. Saat ini bayi tersebut ditampung oleh Puskesmas Karangmalang untuk dirawat. 

“Jadi sejauh ini kepentingan kami adalah pengungkapan kasus mengenai bayi yang ada dan sekarang masih kita titipkan di Puskesmas. Kalau secara tekhnis bagaimana melakukan adopsi kami sarankan untuk melalui prosedur yang ada untuk mengadopsi bayi,” terangnya. 

“Sementara yang kami ketahui kami masih titipkan di Puskesmas bayinya masih ada dan belum diambil,” tambahnya.